Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Biaya Pengamanan Harry-Meghan, Kanada Belum Kasih Kepastian

Rabu, 15 Januari 2020 07:24 WIB
Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle (Foto: Instagram)
Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengaku belum memutuskan, apakah pihaknya akan menanggung biaya pengamanan Pangeran Harry dan Meghan Markle, menyusul keputusan mereka untuk tinggal di Inggris dan Kanada.

Harry dan Meghan memutuskan membagi waktunya di Inggris dan Kanada, pasca mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris.

"Masih didiskusikan," kata Trudeau, dalam sebuah wawancara dengan saluran TV Kanada, Global, seperti dilansir AFP, Selasa (14/1).

Baca juga : Ratu Elizabeth Restui Pengunduran Diri Harry-Meghan Sebagai Anggota Senior Kerajaan

"Kami belum tahu keputusan akhirnya seperti apa. Disposisinya ada," sambungnya.

Ditegaskan, warga Kanada mendukung keputusan Harry dan Meghan tinggal di negaranya. Hanya saja, ada banyak hal yang harus didiskusikan. "Kami belum mengagendakan untuk membahas isu ini," ujar Menteri Keuangan Kanada, Bill Morneau, saat dikonfirmasi apakah betul Trudeau telah meyakinkan Ratu Elizabeth, bahwa Kanada akan menjamin biaya pengamanan Harry dan Meghan.

"Kami akan berusaha memastikan. Sebagai anggota persemakmuran, kami punya peran," sambung Morneau.

Baca juga : Penggeledahan Proses Sensitif, KPK Perlu Ekstra Kehati-hatian

Media Inggris melaporkan, Kanada akan menyumbang 650.000 dolar AS per tahun untuk pengamanan Harry dan Meghan.

Sementara media Kanada memperkirakan, upaya pengamanan Harry, Meghan, anaknya Archie akan menghabiskan biaya 1,3 juta dolar AS per tahun.

Asal tahu saja, selama ini, warga Kanada telah rutin berkontribusi untuk biaya pengamanan anggota keluarga Kerajaan Inggris, bila mereka datang ke negara yang dipimpin PM Trudeau.

Baca juga : KPU Sudah Terima Surat Pengunduran Diri Komisioner Wahyu Setiawan

Pangeran Harry dan Meghan yang juga dikenal sebagai Duke and Duchess of Sussex mengungkapkan,  mereka akan tetap mendukung Ratu Elizabeth, serta menjalankan tugas dan kewajiban mereka kepada persemakmuran.

Hanya saja, mereka ingin menjadikan 2020 sebagai tahun transisi untuk mengukir peran baru mereka, meluncurkan lembaga amal Sussex Royal, dan berupaya meningkatkan sumber pendapatan secara mandiri.

Soal ini, Ratu Elizabeth telah memberikan restu kepada Harry dan Meghan pada Senin (13/1) lalu. Namun, kalau boleh jujur, Sang Ratu tak menganggapnya sebagai kabar baik. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.