Dark/Light Mode

Lancar Hingga Pekan Kedua, Ketum PSSI Apresiasi Shopee Liga 1 2020

Selasa, 10 Maret 2020 19:05 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan. (Foto: PSSI)
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan. (Foto: PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengapresiasi pelaksanaan Shopee Liga 1 2020 yang berjalan lancar dan damai hingga pekan pertandingan kedua pada pekan lalu. Apalagi secara jumlah kehadiran penonton sudah melebihi target bila dibandingkan dengan rentang waktu yang sama pada musim sebelumnya.

Hal ini disampaikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan usai rapat koordinasi rutin persiapan Piala Dunia U-20 2021 di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Selasa (10 /3). Selain Ketua Umum PSSI, juga hadir dalam rakor ini Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Somantri dan Iwan Budianto serta Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

Secara khusus, Iriawan menyatakan, suasana suporter yang hangat dan penuh persahabatan dalam pertandingan antara Arema Malang menjamu Persib Bandung layak menjadi contoh bagi para pendukung klub-klub lain di Indonesia.

Baca juga : Jelang Piala Dunia U-20, Ketum PSSI Tinjau 3 Stadion

“Kami senang, sudah ada upaya para suporter untuk bersama-sama, seperti saat Aremania menyambut kedatangan bobotoh Persib. Bahkan di Malang kita tahu, tuan rumah kalah tapi pertandingan tetap lancar dan suasana penonton tetap damai,” kata pria yang akrab disapa ‘Iwan Bule’ ini.

Iriawan menekankan, salah satu visinya menjadi Ketua Umum PSSI yakni memberdayakan kelompok suporter. Karena itu, ia pun membentuk Divisi Pembinaan Suporter dan Fans Klub di bawah pimpinan Budiman Dalimunthe yang pekan kemarin juga hadir di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Terkait dampak virus corona, Iriawan menegaskan, hingga saat ini belum ada arahan liga berjalan tanpa penonton. “Kita belum ada imbauan ke sana. Untuk Persija menjamu Persebaya kemarin pun sebenarnya kita berharap ada perwakilan suporter Persebaya hadir, berapapun yang mungkin hadir,” katanya.

Baca juga : Hari Ini, Persija Tarung Lawan Borneo FC di Shopee Liga 1

Untuk pekan ketiga Shopee Liga 1 akhir pekan ini, Iriawan menggarisbawahi, selama pemerintah belum mengeluarkan imbauan, maka liga tetap berjalan seperti biasa.

Kami berharap Bhayangkara FC melawan Persija Sabtu nanti di Stadion PTIK tetap berjalan normal. Tapi seandainya tidak, kita akan komunikasikan dengan Direktur LIB apakah misalnya harus berjalan tanpa penonton seperti PSM melawan Kaya FC Filipina di Stadion Madya sore ini,” ungkapnya.

Prinsipnya, Iriawan menyatakan, sebaiknya jadwal pertandingan tidak berubah, karena sekali sebuah jadwal liga bergeser, imbasnya akan panjang berdampak pada banyak hal.

Baca juga : MRT Targetkan Penataan 4 Kawasan Stasiun Selesai Maret 2020

“Sangat disayangkan jika Liga 1 yang sudah berjalan tepat waktu, disiapkan secara sistematis, koordinasi dengan keamanan berjalan dengan baik kemudian harus mengalami penundaan,” paparnya. 

Iriawan menekankan, Shopee Liga 1 musim ini sudah dirancang selesai pada 31 Oktober 2020, sehingga timnas memiliki waktu cukup untuk menjalankan pemusatan latihan menjelang pelaksanaan Piala AFF pada November-Desember mendatang.

“Kami ingin mencari jalan yang terbaik untuk jalannya liga ini dapat berlangsung tepat waktu,” tukasnya. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.