Dark/Light Mode

Bukan Ditunda, GP Australia FI Batal Digelar

Senin, 16 Maret 2020 11:44 WIB
Ajang Formula One. (Foto : Istimewa)
Ajang Formula One. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Formula One GP Australia tak akan dijadwalkan ulang untuk digelar. CEO GP Australia, Andrew Westcott, menegaskan balapan ini dibatalkan dan bukan ditunda.

GP Australia yang rencananya akan menjadi seri pembuka gelaran Formula One (F1) 2020. Balapan di Sirkuit Melbourne Park dijadwalkan dihelat Minggu (15/3). Namun beberapa saat sebelum sesi latihan dimulai, Jumat (13/3), seri ini diputuskan untuk dibatalkan.

Baca juga : Seri A Ditunda, Italia Minta Jadwal Piala Eropa Mundur

Keputusan usai salah satu staf tim McLaren positif terjangkit Virus Corona. Situasi yang nyaris sama juga dialami oleh GP Bahrain, GP Vietnam dan GP Shanghai yang tak bisa digelar sesuai jadwal imbas dari Virus Corona.

Pihak F1 belum memberikan keputusan lanjutan terkait empat seri yang tak bisa digelar sesuai jadwal ini. Direktur Olahraga F1, Ross Brawn sempat menyarankan agar menghapus jeda musim panas tahun ini.

Baca juga : Gebuk Man City, MU Antar Liverpool Dekati Gelar Juara

Hal tersebut agar balapan yang tak bisa digelar tersebut bisa dijadwalkan ulang. Namun, Wescott, menegaskan bahwa GP Australia tak akan dijadwalkan ulang. “Sangat jelas kami menggunakan kata pembatalan karena keputusan ini diambil mendekati digelarnya balapan. Penting untuk memastikan bahwa fan di Melbourne tahu bahwa itu bukan penundaan untuk beberapa jam atau hari. Kata pembatalan digunakan dengan sengaja,” ujar Westcott dikutip dari Crash.

“Di F1 Anda tidak pernah mengatakan yang seharusnya tidak dikatakan. Kami telah bekerja keras di sini dan sekarang bersama dengan Chase (Carey), bos F1, dan FIA. Meski saat ini kami belum memikirkan balapan di masa mendatang atau yang lainnya, tapi kami tetap akan bekerja keras. Saya yakin keputusan akan diambil tepat di waktu yang dibutuhkan,” jelasnya. [BRT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.