Dark/Light Mode

Imbas Covid-19, Pelatnas ASEAN Para Games 2020 Bubar

Rabu, 18 Maret 2020 16:30 WIB
Logo ASEAN Para Games 2020. (Foto : Istimewa)
Logo ASEAN Para Games 2020. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatnas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) untuk persiapan ASEAN Para Games Filipina 2020 bubar. Sebanyak 269 atlet NPCI dipulangkan ke daerah masing-masing sebagai dampak wabah corona virus disease (COVID-19).

Menurut Senny Marbun, NPCI pemulangan dilakukan sejak Solo ditetapkan KLB Corona. Ini juga sesuai dengan arahan Kemenpora.

 "Kami meminta para atlet selama di Solo, tetap berada di penginapannya sambil menunggu kondisi terkini. Atlet tidak boleh keluar penginapan untuk mencegah penyebaran corona," kata Senny seperti dilansir Antara.

Baca juga : Sah, Penurunan Harga Gas Mulai 1 April 2020

Menurut Senny, wabah corona membuat atlet NPCI tidak bisa melanjutkan kegiatan pelatnas, sehingga para atlet dengan berat hati harus dipulangkan ke daerah masing-masing sambil menunggu kondisi terkini.

Senny mengemukakan dari hasil "teleconference", dari 10 negara peserta di Asia Tenggara, delapan diantaranya telah menyetujui bahwa APG Filipina ditunda hingga tanggal 3-9 Oktober mendatang. NPCI kemudian melaporkan hasil itu kepada Kemenpora.

"Kemenpora memberikan arahan dalam rangka mencegah berkembangnya penyebaran COVID-19, dapat menunda segala aktivitas pelatnas persiapan APG Filipina," kata Senny.

Baca juga : Positif Covid-19, Kevin Durant Yakin Sembuh

Sekjen NPCI, Rima Ferdiyanto menambahkan pihaknya telah melaksanakan pelatnas yang diikuti 304 atlet, terdiri dari 269 atelt APG dan 35 atlet Paralympic Tokyo.

Atlet yang dipulangkan, lanjutnya, adalah atlet yang dipersiapkan untuk APG Filipina, sedangkan 35 atlet masih tinggal di Solo untuk menunggu perkembangan lebih lanjut. Meski Paralympic ditunda, pihaknya akan terus menjalani pelatnas di Solo.

"Kami akan pantau sesuai dengan protokoler arahan dari Kemenpora yang diberikan pada Selasa (17/3)," kata Rima.

Baca juga : Imbas Covid-19 : Piala Eropa, Copa America dan Piala Dunia Antarklub Mundur

Rima mengatakan khusus atlet APG, meski dipulangkan ke daerah masing-masing diinstruksikan untuk tetap menjaga kondisi masing-masing agar ketika dipanggil kembali performanya masih bagus.

"Jika kasus COVID-19 sudah dapat teratasi, kami akan memanggil kembali para atlet yang dipersiapkan untuk APG," ucapnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.