Dark/Light Mode

IOC Tetapkan Kualifikasi Menuju Olimpiade Harus Berakhir 29 Juni 2021

Kamis, 9 April 2020 05:43 WIB
Ajang Olimpiade Tokyo. (Foto : Istimewa)
Ajang Olimpiade Tokyo. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain menunda Olimpiade Tokyo, Wabah Covid-19 juga menghentikan ajang kualifikasi menuju Olimpiade. Seluruh cabor diharapkan bisa menetapkan nama atlet dengan batas waktu kualifikasi pada 29 Juni 2021.

Lewat laman resminya, Komite Olimpiade Internasional (IOC) menjelaskan, dari total keseluruhan 11.000 atlet, sekitar 57 persen diantaranya sudah dinyatakan lolos kualifikasi Olimpiade.

Baca juga : Kemenpora Pastikan Bidding Olimpiade 2032 Tetap Berjalan

Sementara kurang lebih 5.000 kuota tersisa akan dialokasikan melalui turnamen kualifikasi lanjutan yang digelar oleh masing-masing cabang olahraga.

Kuota tersisa di tiap cabor harus terisi sebelum 29 Juni 2021. "Mempertimbangkan penundaan Olimpiade 2020 Tokyo, periode kualifikasi diperpanjang hingga batas waktu yang telah ditentukan, yakni pada 29 Juni 2021," demikian IOC dalam pernyataan resminya, Rabu (8/4). "Adapun batas waktu pendaftaran cabang olahraga beserta jumlah atlet  berakhir pada 5 Juli 2021."

Baca juga : Atlet Apresiasi Penundaan Olimpiade Tokyo 2020

Meski begitu, IOC menyatakan bahwa penentuan jadwal turnamen kualifikasi tetap menjadi wewenang dari masing-masing federasi olahraga internasional.

Masing-masing IF berhak menyesuaikan ataupun melakukan pergantian penyelenggaraan kejuaraan kualifikasi selama tidak melebihi batas waktu yang telah ditetapkan. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.