Dark/Light Mode

Atlet Apresiasi Penundaan Olimpiade Tokyo 2020

Rabu, 25 Maret 2020 05:49 WIB
Logo Olimpiade di Tokyo. (Foto : Istimewa)
Logo Olimpiade di Tokyo. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para atlet dan federasi olahraga dunia menyambut baik keputusan Komite Olimpiade Internasional (IOC) menunda ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Atlet Paralimpiade asal Lebanon, Ali Jawad mengatakan keputusan IOC akan dicatat dalam sejarah di tengah dunia dilanda musibah.

"Seruan yang tepat dalam keadaan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Selamat datang di Tokyo 2021," tulis atlet Paralimpiade asal Lebanon, Ali Jawad, sebagaimana dikutip dari BBC.

Baca juga : Praveen/Melati Tak Permasalahkan Jika Olimpiade 2020 Ditunda

"Benar-benar keputusan yang tepat untuk menunda Olimpiade dan Paralimpiade satu tahun. Kesehatan adalah yang utama," kata atlet lempar cakram asal Britania Raya, Dan Greaves.

Sebelumnya, PBSI (bulutangkis) satu-satunya cabor harapan Indonesia di Olimpiade 2020 juga sudah mengapresiasi rencana penundaan ini. 

Federasi renang internasional FINA juga menyambut baik. Melalui laman resminya, mereka menyatakan siap berkoordinasi untuk merumuskan penjadwalan terbaik bersama berbagai pihak yang terlibat.

Baca juga : Menyerah, IOC Pertimbangkan Penundaan Olimpiade 2020

"Menyusul penundaan Olimpiade Tokyo ke tahun 2021, FINA akan berkoordinasi penuh dengan panpel Kejuaraan Dunia Akuatik di Fukuoka, Federasi Renang Jepang serta otoritas publik di Jepang untuk mematangkan jadwal kompetisi, jika diperlukan dengan sepersetujuan IOC," demikian tulis pernyataan resmi FINA, Selasa.

Olimpiade Tokyo 2020 ditunda penyelenggaraannya ke tahun depan, sebab dunia saat ini masih dihadapkan pada perjuangan melawan pandemi COVID-19.

Sedianya Olimpiade Tokyo 2020 digelar pada 24 Juli s.d. 9 Agustus dan belum ada jadwal baru yang dikonfirmasi, tetapi baik IOC maupun pihak Jepang memastikan tidak akan lebih lambat dari musim panas 2021. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.