Dark/Light Mode

LIB Akhirnya Cairkan Subsidi, Klub Liga 1 dan Liga 2 Lega

Jumat, 22 Mei 2020 08:00 WIB
Ilustrasi Liga 1. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Liga 1. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menepati janji. Mereka telah mencairkan subsidi termin kedua kepada klub Liga 1 dan Liga 2. Hampir semua klub telah menerimanya.

COO Bhayangkara FC Sumardji, misalnya. Dia mengatakan, subsidi untuk termin kedua yang seharusnya dicairkan akhir Maret sudah diterima kemarin. ’’Ya, kami sudah terima Rp 509 juta,’’ ucap Sumardji.

Manajer Bhayangkara FC AKBP I Nyoman Yogi Hermawan menyebut bahwa uang tersebut langsung dimanfaatkan untuk meringankan beban finansial tim. "Subsidi tersebut sangat membantu keberlangsungan klub," tutur Nyoman.

Baca juga : BTN Siap Salurkan Subsidi Selisih Bunga Untuk 146 Ribu Rumah MBR

Sebagai informasi, sebelum Liga 1 2020 dimulai, LIB dan pihak klub sepakat bahwa besar subsidi untuk satu musim adalah Rp 5,2 miliar untuk setiap tim.

Sementara untuk Liga 2 2020, setiap tim mendapatkan subsidi senilai Rp1,15 miliar. Subsidi dibayarkan secara bertahap dalam jangka waktu yang disebut termin.

Manajemen Persib Bandung juga sudah terima."Sudah masuk, sudah kami terima benar sesuai bahwa akan dibayarkan pada Selasa (19/5)," kata Teddy Tjahjono, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB).

Baca juga : Pertamina Bagikan Puluhan APD dan Ribuan Masker ke RS di Tuban

Mereka bisa memaksimalkan uang tersbut untuk memenuhi kebutuhan finansial klub berjuluk Maung Bandung tersebut. Teddy mengakui, subsidi yang memang menjadi hak dari klub peserta Liga 1 2020 itu nilainya sesuai dengan kesepakatan awal dan tak ada potongan seperti yang sempat diwacanakan.

"Kompetisi belum pasti kapan bergulir, tentu saja uang itu sangat bermanfaat dan kami sangat berterima kasih kepada PT LIB," terangnya.

Sebelumnya, sempat ada wacana subsidi Liga 1 2020 akan dikurangi, dari awalnya Rp 520 juta menjadi Rp 350 juta. Tetapi, wacana itu ditolak Ketum PSSI dan klub-klub tetap mendapatkan subsidi sesuai dengan yang disepakati di awal sebelum kompetisi bergulir.  [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.