Dark/Light Mode

Menpora Minta ESport Siapkan Atlet Berlapis dan Berjenjang

Selasa, 18 Agustus 2020 14:12 WIB
Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)
Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora RI Zainudin Amali berharap olahraga ESport Indonesia menyiapkan banyak atlet pelapis agar prestasi di dunia internasional tetap terjaga.

Hal itu dikatakan Menpora saat hadir pada Konferensi Pers Kick Off Pendaftaran Piala Menpora Esport 2020 secara virtual dari Sitroom Lantai 9 Graha Pemuda Senayan Jakarta Pusat, Senin (17/8) sore.

Dengan dukungan sponsor utama AXIS turnamen ini digelar bertepatan HUT Kemerdekaan RI ke-75. Ini juga sebagai sebuah terobosan masa pandemi yang bagaimanapun situasi dan kondisinya, kegiatan harus tetap dijalankan.

Baca juga : Menpora Dorong Pencak Silat Dipertandingkan di Olimpiade

"Ditengah-tengah Pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini, kami di Kemenpora ini memutar otak secara keras untuk menemukan sesuatu yang bisa menggantikan kegiatan lapangan. Salah satunya Esport adalah olahraga yang masih memungkinkan untuk dipertandingkan dan diikuti oleh banyak orang," tegas Menpora RI.

Kenyataan bahwa Indonesia sudah dikenal sebagai jawara dan juara di tataran dunia internasional memiliki implikasi tersendiri untuk terus berupaya keras mempertahankan.

"Kita sudah juara dunia maka tidak boleh lagi turun peringkatnya, untuk itu dalam mempertahankan harus mempersiapkan para atlet kita secara berlapis berjenjang dan regenerasi tidak putus, itu yang menjadi konsen kami untuk semua cabang olahraga," tambahnya.

Baca juga : Kemenperin Fasilitasi Sertifikat Halal IKM Pangan

Esport terus didorong untuk berkembang, wahana bertanding bagi para penggiat dan penggerak terus disediakan, dari situ diharapkan muncul para atlet-atlet handal serta jam terbang semakin banyak sebagai kematangan mental juara.

"Komitmen pemerintah jangan diragukan, full support, sepanjang sumber daya kita ada pasti kita suport, turnamen diperbanyak sebagai ajang bertanding, ada keterbatasan pemerintah dan dengan kehadiran para sponsor sangat terbantu, terima kasih para sponsor," tutupnya.

Presiden IESPL Giring Ganesha selaku Ketua Penyelenggara Piala Menpora Esport 2020 AXIS, menyampaikan apresiasi atas inisiasi dan dukungan Kemenpora guna kemajuan esports di Indonesia, sekaligus melaporkan bahwa turnamen kali ini sangat antusias peminatnya.

Baca juga : Kolaborasi JEC-Orbita Makassar , Hadirkan Kesehatan Mata Berstandar Internasional

"Baru saja dibuka, peserta sudah mencapai 14.410 atlet dan 2.882 tim. Ada 5 provinsi tertinggi, Jabar, Jatim, DKI Jakarta, Jateng, Bali. PT tertinggi, UGM 7 tim, disusul Unpam 6 tim," lapornya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.