Dark/Light Mode

Megawati Minta Cakada PDIP Berjuang Untuk Rakyat

Selasa, 11 Agustus 2020 19:44 WIB
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. (Foto: ist)
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri resmi, mengumumkan 75 pasangan calon kepala daerah (cakada) yang akan bertarung di Pilkada 2020 mendatang. Dia berpesan agar cakada berjuang untuk rakyat. 

Dalam pidatonya, Megawati mengatakan dirinya sengaja mengumumkan 75 cakada bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-75. Ini bertujuan agar para calon kepala daerah dapat menjiwai dan mengikuti jejak sang pendiri republik ini terutama Bung Karno.

Salah satu yang ditekankan Megawati adalah soal kepemimpinan Bung Karno yang piawai dalam mengorganisir rakyat. "Bung Karno menyerap amanat penderitaan rakyat yang dikumandangkan melalui sebuah pidato yang begitu terkenal, yaitu ketika beliau mau dimasukkan ke penjara pidatonya adalah Indonesia menggugat. Setelah itu Indonesia mencapai merdeka,” kata Megawati.

Baca juga : Uang Tunai Untuk Rakyat

Selanjutnya, Presiden RI ke-4 ini menambahkan, Bung Karno mendirikan partai nasional Indonesia (PNI) untuk perjuangan di bidang politik. Partai itu kemudian menjadi cikal bakal lahirnya PDIP. Dengan demikian, dia berharap kader-kader yang diusung PDIP di Pilkada benar-benar berjuang untuk rakyat.

“Saya berharap agar seluruh pasangan calon yang diusung PDIP memiliki suatu kesadaran sejarah mempertemukan masa lalu yang direfleksikan secara kritis pada saat ini. Sehingga kita dapat menyusun suatu cita-cita masa depan yang berpijak pada nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa,” ungkapnya.

Megawati juga meminta para cakada untuk mengedepankan hati nurani yang dipadu dengan kecerdasan dan keilmuan. Hal itu bahkan sudah dicontohkan oleh Bung Karno dalam memimpin NKRI.

Baca juga : Peran Media Menyajikan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

“Tidak bisa hanya pandai saja tapi di hatinya tidak ada nurani. Saya merasa senang sekali semakin hari calon-calon sebetulnya kalau dilihat sudah penuh dengan gelar, pertanyaannya nuraninya dapatkah menjawab keilmuan dia, yang harus digunakan bagi kemaslahatan rakyat,” pungkasnya.

Menurutnya, Pilkada menjadi momentum bagi partai untuk membimbing paslon agar benar-benar hadir sebagai pemimpin yang memiliki pandangan luas serta visioner. Pun bisa menganalisa apa yang akan dikerjakan dan apa yang bisa dibuktikan. "Sebagai pemimpin harus memiliki beberapa hal antara lain patriotism, nasionalisme atau kebangsaan, dan dedikasi,” ingatnya

Megawati kemudian mendorong cakada untuk selalu dekat dengan rakyat dan mendengarkan aspirasinya. Dengan demikian, dia yakin para cakada akan terpilih. “Pemimpin yang dipilih itu yang dicintai oleh rakyat, segala cara pasti dia akan dipilih. Tapi kalau tidak benar apa boleh buat. Maka Belajarlah banyak-banyak, pimpin rakyat dengan kecintaan,” lanjutnya.

Baca juga : Cuma Berduaan Di Kamar

Pada saat pengumuman ini, Megawati didampingi Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Krityanto, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Sosial Juliari Batubara, dan Ketua DPP PDIP, Eriko Sodarduga. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.