Dewan Pers

Dark/Light Mode

Persiapan MotoGP Indonesia 2021

CEO Dorna Sports Tinjau Pembangunan Sirkuit Mandalika

Rabu, 7 April 2021 13:04 WIB
CEO Dorna Carmelo Ezpelata (kedua kiri) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama jajaran Mandalika Grand Prix Association (MGPA) di Bandara Halim Perdana Kusumah, Rabu (7/4). (Foto: Wuryanto/RM)
CEO Dorna Carmelo Ezpelata (kedua kiri) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama jajaran Mandalika Grand Prix Association (MGPA) di Bandara Halim Perdana Kusumah, Rabu (7/4). (Foto: Wuryanto/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Dorna Sports sebagai penyelenggara Kejuaraan motor dunia MotoGP tiba Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Rabu (7/4) tepat pukul 04.20 WIB.

Tim Dorna Sports yang terdiri dari Carlos Ezpelata, putra mahkota dari CEO Dorna, Carmelo Ezpelata bersama Franco Uncini, mantan juara Dunia MotoGP yang merupakan perwakilan dari FIM dan juga Lorris Cappirossi, mantan pembalap MotoGP yang juga Race Direction Dorna Sports.

Beberapa saat istirahat dan sarapan di VIP Lounge Bandara Halim, rombongan Dorna bersama Ketua Umum PP Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang ‘Bamsoet’ Soesatyo, Wakil Ketua Umum International & Event, A. Judiarto dan Pembina IMI Pusat, Prasetyo Edi Marsudi yang juga Ketua DPRD DKI Jakarta dan juga perwakilan dari ITDC dan MGPA langsung bertolak menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sebelum rombongan bertolak menuju Lombok, NTT guna melakukan kunjungan dan memantau langsung perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika Grand Prix yang akan menjadi Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 ini, rombongan sempat menggelar temu media.

Berita Terkait : Di Depan Hengky Kurniawan, Bamsoet Dukung Pembangunan Sirkuit Road Rice Bandung Barat

“Saya sebagai Ketua Umum PP IMI dan tentunya segenap rakyat Indonesia pastinya sangat bangga kalau kami bisa menjadi tuan rumah dari Kejuaraan Balap Motor terbesar di Dunia. Ini hanya berawal dari sebuah ide, dan hari ini kita perlahan sudah akan mulai mewujudkannya bersama Dorna dan FIM," ujar Bamsoet.

Ia percaya dengan adanya event sekelas MotoGP dan WSBK ini akan memberikan efek positif bagi Indonesia. Promosi Pariwisata di Indonesia juga akan terangkat di Dunia international.

Bamsoet memperkenalkan rombongan Dorna Sports yang akan terbang ke Lombok. Ia juga berharap akan ada local hero nantinya yang akan menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia dan Dunia.

“Local Hero akan sangat membanggakan kita. Karena itu, kita berharap pandemi covid-19 ini segera berlalu agar semua bisa berjalan sesuai rencana. Jika pun tidak, kita masih bisa berharap untuk tahun depan,” ucap Bamsoet.

Berita Terkait : Final ePiala Indonesia 2021, Tim Zulisar Sabet Juara

Ketua Umum PP IMI yang juga Ketua MPR ini juga berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Pemerintah Indonesia yang sangat mendukung kehadiran MotoGP di Indonesia, terlebih untuk pembângunan Sirkuit Mandalika yang saat ini pembangunannya sudah mencapai 70 persen.

Bamsoet yang juga Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini juga menyatakan kalau Presiden Jokowi sangat aktif memobilisasi seluruh sumber daya dan usaha melalui seluruh instansi pemerintah dalam menyukseskan penyelenggaraan MotoGp dan WSBK.

Ia mengatakan kalau peran ITDC, MGPA, perusahaan konstruksi BUMN yang membangun Mandalika serta pemerintah provinsi dan kabupaten se-NTB pun sangat-sangat membantu dan patut mendapat apresiasi untuk hal ini.

Pengembangan pembangunan kawasan Sirkuit Mandalika diproyeksikan mampu menarik investor hingga Rp 40 triliun. Geliatnya turut berkontribusi bagi pengembangan ekonomi lokal NTB.

Berita Terkait : Raih Penghargaan, Pos Indonesia Terus Genjot Inovasi Layanan Digital

"Tidak kurang dari 587 ribu tenaga kerja akan terserap hingga 2025 mendatang. Menunjukan bahwa membangkitkan industri olahraga, turut berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Bamsoet [WUR]