Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mempertandingkan 47 Cabang Olahraga

Panitia Dan Kepolisian Jamin PON XX Papua Aman

Jumat, 30 April 2021 06:23 WIB
PB PON XX Papua. (Foto: Istimewa)
PB PON XX Papua. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Papua sudah siap menggelar pertandingan sebagai tuan rumah PON XX Papua meski masih ada sejumlah venue cabang olahraga yang masih dalam penyelesaian.

"Papua sudah siap menjadi tuan rumah PON. Dalam persiapan kami sebagai tuan rumah belum bisa dikatakan 100 persen siap, tetapi kami terus bekerja untuk mensukseskan PON XX di tanah Papua,” ujar Sekum PB PON Elia Loupatty di Jakarta, Kamis (29/4).

Pada PON XX Papua akan mempertandingkan 47 cabang olahraga dan akan berlangsung di empat klaster penyelenggara yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Kabupaten.

Elia I. Loupatty, menjamin tempat tidur, akomodasi makan, dan transport lokal ditanggung panitia pusat PON. Menurut Elia, hal ini khususnya masalah transportasi krusial karena medan yang ditempuh di Papua tak mudah.

Berkaitan dengan jaminan keamanan bagi para atlet Elia Loupatty menilai, secara keseluruhan kondisi keamanan menuju PON cukup baik, namun hal ini kita harus terus kawal ini bersama menuju PON.  Elia juga mengatakan aparat keamanan sudah terintegrasi dengan PB PON.

Baca juga : Jokowi Ingatkan Gibran Cs Jabatan Adalah Kehormatan Dan Tanggung Jawab

Dalam hal ini, Kapolda Papua secara ex officio juga menjabat sebagai Koordinator Bidang Keamanan di PB PON menjamin keamanan berlangsungnya PON XX. "Siapa bilang Papua tidak aman. Mari kita berikan kepercayaan penuh kepada pihak Kepolisian dan TNI," ungkapnya.

Tidak hanya itu saja untuk mendukung itu semua juga telah dilengkapi dengan drone. Disamping telah dipasang CCTV di setiap tempat yang sudah ditentukan. "Drone ini bisa mendeteksi hingga jarak 3 km," sebutnya.

Sementara itu kontingen yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua dapat jaminan kemudahan akomodasi dari Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ). Salah satunya terkait tempat tidur dan transport selama event berlangsung.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) KONI Pusat, TB Adi Lukman mengatakan pihaknya telah bertemu Direktur Utama Garuda Indonesia. Kedua pihak membahas kemudahan yang bisa diperoleh kontingen PON.

“Untuk atlet dan ofisial dari 34 KONI provinsi yang akan berangkat mengikuti PON akan diberikan diskon 15 persen. Kemudian extra height 5kg, dan peralatan olahraga otomatis 23kg free,” kata TB Adi Lukman.

Baca juga : Puan Minta Pencarian Dan Penanganan Korban Banjir NTT Lebih Maksimal

Lebih jauh, TB Adi Lukman juga mengatakan Garuda siap menambah jumlah penerbangan dan menyediakan pesawat charter jika diperlukan selama event PON Papua. Kerja sama ini diharapkan bisa mensukseskan pesta olahraga terbesar di Indonesia yang berlangsung tahun ini.

Sementara itu mengenai doping Panitia Besar  Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua menggandeng lembaga doping Internasional Doha Qatar untuk melakukan tes doping atlet yang bertanding di ajang PON Papua pada 2-15 Oktober 2021.

"Untuk lembaga doping dalam negeri PB PON Papua juga sudah melibatkan Lembaga Antidoping Indonesia (Ladi)," ujar Elia Loupatty.

Ia mengakui, ada beberapa lembaga doping internasional yang sudah dijajaki seperti India dan Jepang. Namun kedua negara itu, lanjutnya, India sedang menghadapi gelombang covid-19 sementara Jepang tengah berkonsentrasi menghadapi Olimpiade Tokyo.

"Ya pilihannya ditetapkan lembaga internasional Doha menjadi partner pemeriksaan urine atlet selama ajang PON XX," Elia.

Baca juga : Gandeng Kejaksaan Agung, PLN Pastikan Kepatuhan Hukum Di Lingkungan Perusahaan

Sementara itu sekjen KONI Pusat, Adi Lukman mengatakan KONI berencana menjalin kerja sama dengan Garuda Indonesia untuk menyediakan layanan penerbangan khusus bagi kebutuhan kontingen PON Papua dari 33 provinsi.

“Selain diskon tiket, seluruh kontingen memerlukan penerbangan tambahan ke Papua, mereka harus tiba di Papua H-3 dan H+2 penyelenggaraan PON XX,” ujarnya. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.