Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Erupsi Merapi Meningkat

Angkasa Pura I Siapkan 6 Antisipasi Kemungkinan Terjadinya Bencana Alam

Rabu, 27 Januari 2021 22:23 WIB
Erupsi Merapi Meningkat Angkasa Pura I Siapkan 6 Antisipasi Kemungkinan Terjadinya Bencana Alam

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero), sebagai pengelola Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang lokasinya berdekatan dengan Gunung Merapi, menyiapkan antisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam. 

Vice President Corporate Secretary Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan mengungkapkan, antisipasi dilakukan seiring dengan adanya peningkatan intensitas erupsi Gunung Merapi pada Rabu (27/1) siang.

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut lanjut Handy, saat ini Angkasa Pura I tengah melakukan sejumlah persiapan seperti:

1. Melaksanakan _aerodrome observation_ berupa pengamatan lapangan, _visual report_, dan _paper test on  airside_ dan berkoordinasi dengan pihak terkait, 

Baca juga : Angkasa Pura I Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Banjar Dan Manado

2. Memonitor penerbitan NOTAM oleh Direktorat jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

3. Melaksanakan _safety risk assesment_.

4. Menyiapkan skenario penanganan penumpang untuk mengantisipasi penumpukan di area keberangkatan, area _check in_, area publik, akibat pembatalan penerbangan _(cancel flight)_, 

5. Melaksanakan skenario pengalihan penerbangan yang berkoordinasi dengan stakeholder terkait,

Baca juga : Pemerintah Telah Salurkan Bantuan Warga Terdampak Bencana Alam Ke Sejumlah Daerah

6. Melakukan pelayanan bagi penumpang yang terdampak delay.

Sebagai informasi, Bandara Adi Soemarmo Solo beroperasi pada pukul 07.00 - 18.00 WIB, sedangkan Bandara Adisutjipto Yogyakarta beroperasi pada pukul 07.00 - 16.00 WIB. 

Handy menegaskan, Angkasa Pura I terus berkoordinasi dengan otoritas dan _stakeholder_ terkait dalam memonitor kondisi terkini dan menginformasikan ke publik mengenai status operasional kedua bandara tersebut. 

Koordinasi intensif dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam lebih besar yang diakibatkan peningkatan erupsi Gunung Merapi.

Baca juga : Mendagri Ingatkan Pemda Untuk Proaktif Hadapi Bencana Alam

"Seluruh penumpang yang akan terbang dari dan menuju Solo dan Yogyakarta, diharapkan untuk terus memantau status penerbangan Anda melalui pihak maskapai dan/atau dapat mengikuti perkembangan status operasional bandara terkini dengan menghubungi layanan Contact Center Angkasa Pura I di nomor 172 atau Twitter @AngkasaPura172," imbuh Handy. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.