Dark/Light Mode

Keok Di Tokyo, Rio Incar Medali Olimpiade Paris

Selasa, 27 Juli 2021 17:22 WIB
Peselancar Indonesia, Rio Waida. (Foto : KOI)
Peselancar Indonesia, Rio Waida. (Foto : KOI)

 Sebelumnya 
Agenda ke depan, Rio berencana ke Meksiko untuk tampil di Kejuaraan Dunia. Setelah itu berlaga di 4 ajang challenger, untuk mendapatkan tempat di world championship tour, yang jadi salah satu kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

“Terima kasih atas dukungan teman-teman dan Indonesia. Mohon maaf saya belum bisa membawa pulang medali. Saya akan berusaha lebih keras untuk bisa tampil lebih baik di Paris 2024,”

Baca juga : Gawat, Badai Tropis Ganggu Jadwal Olimpiade Tokyo

Di bagian lain pelatih Tipi Jabrik menyebut secara keseluruhan penampilan Rio sudah maksimal. Sayang, kondisi laga tidak ideal. Peluang fifty-fifty dan butuh faktor luck. Inilah yang tidak diperoleh Rio.

Tipi pun menyebut, ada pelajara penting buat pengurus besar persatuan olahraga selancar ombak Indonesia (PB PSOI), yakni agar kelak bisa meloloskan dua atlet ke Olimpiade. Jadi, harus mengirim atlet ke berbagai event buat menambah pengalaman.

Baca juga : Ini Jadwal Wakil Indonesia Di Olimpiade Tokyo, Selasa 27 Juli

“Dengan lolos ke Olimpiade 2020, membuktikan kita itu punya atlet berpotensi. Apalagi, seleksi menuju ajang ini sangat sulit dan berat. Tak cuma skill, tapi juga bertarung dengan alam,” tandas Tipi.

Lebih lanjut, juga harus memikirkan strategi pembinaan atlet pelapis. Negeri ini surga ombak, jadi kendala itu nyaris tak ada. Tak ayal, surfing juga bisa menjadi andalan seperti bulutangkis dan angkat besi. PB PSOI pun tengah merancang liga surfing nasional sehingga klub-klub bisa menyumbang altet.

Baca juga : Ini Kunci Sukses Windy Raih Medali Olimpiade Tokyo

Selain itu, Tipi juga berharap adanya sinergi antara Kementerian Pemuda dan Olahraga. Selain itu, Kementerian Pariwisata, terkait daerah-daerah yang menunjang surfing. Ini mengembangkan ekonomi dan kelak bisa akses pada ketersediaan peralatan. “Jadi, harus bisa mengidentifikasikan potensi daerah terkait kegiatan surfer ini,” tambahnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.