Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menpora : Fokus Prestasi Atlet Adalah Olimpiade

Rabu, 30 Juni 2021 07:13 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali kembali menegaskan fokus utama prestasi dalam desain Besar Keolahragaan Nasional adalah olimpiade. Agar berhasil dibutuhkan kolaborasi yang baik seluruh stakeholder olahraga.

Hal itu disampaikan Menpora Amali saat mengikuti Konferensi Pers Olympic Day yang digelar secara virtual bersama Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, IOC Member Erick Thohir dan awak media.

"Di dalam blue print olahraga nasional fokus utama olaharaga nasional adalah olimpiade. Ukuran keberhasilan kita adalah keberhasilan di olimpiade. Sedangkan, SEA Games dan Asian Games adalah sasaran antara kita sehingga jelas," kata Menpora Amali, Selasa (29/6) sore.

Didalam desain besar olahraga nasional lanjut Menpora Amali, pihaknya telah melakukan beberapa tahapan-tahapan. Dimulai dari target Olimpiade tahun 2021, tahun 2024, tahun 2028 dan target jika Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade di tahun 2032.

Baca juga : Jojo Cs Masih Harus Dipoles Lewat Simulasi Olimpiade

"Kita sudah siapkan target-target itu sampai insyaAllah jika kita menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 bahkan sudah didesain hingga 100 tahun Indonesia Merdeka di tahun 2045 mendatang," urai Menpora Amali.

"Saya berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak, karena jika tidak ada dukungan, ini tidak akan berjalan. Khususnya kepada Pak Erick Thohir selaku Menteri BUMN yang luar biasa memberikan dukungan mempersiapkan bapak angkat untuk 14 cabor unggulan olimpiade dan 3 cabor yang sangat digemari masyarakat yang sudah masuk dalam grand desain olahraga nasional," tutur Menpora Amali menambahkan.

Perayaan Olympic Day yang dirayakan tanggal 23 Juni setiap tahunnya dan Hari Olahraga Nasional (Haornas) setiap tanggal 9 September memiliki kesamaan semangat dan nilai-nilai, yakni sportivitas, kejujuran, kebersamaan, disiplin, perdamaian dan solidaritas yang harus tercermin dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya kira ini adalah kolaborasi yang baik antara NOC dan kementerian/lembaga lainnya khususnya Menteri BUMN. Kita butuh prestasi, pengembangan olahraga maka satu-satunya yang mampu menjawab adalah kolaborasi dan kerjasama yang baik dari saat ini hingga 100 tahun Indonesia Merdeka. Selamat Hari Olimpiade se-dunia tahun 2021," lanjut Menpora.

Baca juga : Menpora Banggakan PB Wushu Yang Fokus Bina Atlet

IOC Member Erick Thohir mengatakan pihaknya bersama Kemenpora sedang melakukan sinergisitas sesuai blue print Grand Design Keolahragaan Nasional dari Kemenpora.

"Kegiatan ini merupakan cara kita menghidupkan semangat gerakan olimpiade juga mengingatkan pentingnya olahraga lebih dari peran kebugaran atau kompetisi tapi juga mendorong disiplin, toleransi, persatuan, perdamaian dan pembangunan berkelanjutan," kata Erick Thohir yang juga sebagai Menteri BUMN ini.

"Saya harap walaupun kondisi pandemi kita harus punya dan terus mempertahankan gerakan semangat olimpiade. Menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari," harapnya.

Sebelumnya, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari menyampaikan per hari ini Indonesia dipastikan akan mengirimkan 28 wakilnya menuju Olimpiade Tokyo, Jepang 2021.

Baca juga : Menpora Yakin Wushu Masuk Olimpiade 2032

"Alhamdulillah hari ini sudah kita lock bahwa 28 atlet Indonesia sudah dipastikan menuju Olimpiade Tokyo 2021. Sangat penting untuk semua pihak baik atlet, ofisial dan semua yang terlibat untuk tetap menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

"Ini adalah momentum, bahwa olimpiade harus tetap menjadi cahaya harapan di ujung kegelapan, dan kita memiliki cita-cita menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Semua persiapan telah dilakukan dan belum selesai hingga tahun 2024 karena semuanya masih mungkin dapat terjadi," kata Raja Sapta. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.