Dark/Light Mode

Olimpiade Tokyo

Pesan Alan Pada Jojo Dan Ginting: Jaga Emosi Dan Tetap Konsentrasi

Rabu, 28 Juli 2021 11:12 WIB
Pebulutangkis andalan Indonesia, Jonatan Christie. (Foto : AFP)
Pebulutangkis andalan Indonesia, Jonatan Christie. (Foto : AFP)

 Sebelumnya 
Kali ini ia akan berjibaku dengan Sergey Sirant (peringkat 77 dunia) yang berstatus refugee team IOC. Di laga ini pun diharapan kiprah Anthony mulus sehingga menjejak fase final.

“Kadang ada situasi yang tak terduga, dalam kondisi ini Anthony harus jaga emosi dan lebih sabar,” ujar peraih emas tunggal putra kejuaraan dunia 1993 di New Delhi, India itu.

Baca juga : Hari Ini, Jojo Dan Ginting Kembali Beraksi

Alan mengingatkan para pemain Indonesia jangan terjebak pada beban lantaran bulutangkis dipatok sebagai tambang medali emas. Melainkan mereka tetap konsentrasi pada strategi dan teknis yang sudah dipersiapkan bersama pelatih. Secara nonteknis, pemain harus benar-benar memahami latar belakang semua game plan yang disiapkan.

Hal ini bisa dimanfaatkan untuk memupuk ketenangan dan mental sehingga menambah kesiapan saat memasuki arena.

Baca juga : Dikalahkan Wakil Jerman, Pemanah Arif Dwi Pangestu Terhenti Di Babak Pertama

Alan menyebut, pemain dengan tipe menyerang kadang bisa jadi lengah justru lantaran ia terlalu terpaku pada serangan dan merasa sedang pas dalam permianannya, terlebih saat hadapi lawan yang peringkatnya lebih rendah. Ketika tiba-tiba pertarungan jadi sulit, jadi kebingungan sendiri.

Dalam situasi tak terduga seperti itu, Alan mengingatkan agar pemain kembali fokus pada strategi pemainan sendiri. Di sini peran pelatih sangat diperlukan buat menenangkan asuhannya di saat jeda skor. “Pelatih juga harus jeli. Tapi, saya yakin itu jadi bagian dari persiapan mereka,” pungkas Alan. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.