Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menpora Wanti-wanti Suporter Patuhi Prokes Di Kompetisi Liga 1 Dan Liga 2

Selasa, 24 Agustus 2021 20:12 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Ist)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Zainudin Amali meminta komitmen pemilik klub dan suporter untuk mematuhi protokol kesehatan selama kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022 yang rencanannya akan bergulir pada 27 Agustus 2021.

Hal itu disampaikan Menpora Amali saat memimpin pertemuan dan sosialisasi dengan pimpinan dan suporter klub Liga 1 dan 2, Selasa (24/8).

“Tolong didukung upaya pemerintah untuk menangani pandemi. Tidak bisa ini hanya dibebankan kepada Ketua Umum PSSI,” ujar Zainudin Amali dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : Bela Negara, Menpora: Mahasiswa Harus Pahami 4 Pilar Kebangsaan

Selain pemilik klub dan suporter, PSSI dan PT LIB sebagai penyelenggara juga harus memiliki komitmen yang sama dalam menerapkan prokes secara ketat dan disiplin.

“Jangan sampai ada di antara kita yang tidak komit, akhirnya membuat perjuangan panjang kita ini menjadi sia-sia. Sekarang kita diberi izin untuk di uji coba prokesnya. Jadi tolong ini dicatat betul sekarang ini untuk ujicoba prokesnya,” harapnya.

Disamping itu, dari sisi pemerintah, Menpora Amali menegaskan bahwa pemerintah sangat berkomitmen bagaiamana agar kompetisi sepakbola kembali bergulir.

Baca juga : Menpora Pede Kick Off Liga 1 Bisa Digelar 27 Agustus

Upaya Menpora Amali untuk turun tangan mengurus izin menjadi bukti bahwa pemerintah berkomitmen dan serius sehingga sepakbola bisa jalan dan masyarakat memiliki tontonan dan hiburan di tengah pandemi.

Disisi lain, dalam kompetisi ini, pemerintah punya kepentingan agar bisa segera membentuk tim nasional khususnya untuk U-20 karena tahun 2023 Indonesia akan menjadi tuan rumah FIFA World Cup U- 20.

Menpora Amali menilai gelaran Piala Menpora yang sukses pada Maret 2021 lalu menjadi modal terkait penerapan prokes meskipun akan lebih diperketat lagi. Namun, dia berharap kejadian-kejadian yang terjadi saat Piala Menpora lalu tidak terulang seperti ada selebrasi pemain meskipun sudah dilarang, euphoria berlebihan supporter dan luapan kekecewaan suporter akibat timnya kalah.

Baca juga : Menpora Optimistis Liga 1 Digelar 20 Agustus

“Mudah-mudahan ini bisa dipahami oleh pemilik klub oleh para pimpinan suporter yang bisa disosialisasikan kepada anggotanya supaya sampai dengan akhir kompetisi ini tidak ada gangguan, tidak ada hal yang mencederai dan kita bisa menikmati satu kompetisi sepak bola yang normal. Walaupun dalam situasi tidak normal bisa melihat talenta timnas,” harapnya.

Namun demikian, Menpora Amali mengaku optimistis para supporter akan memathui protokol kesehatan karena telah dibuktikan pada Piala Menpora. Mereka patuh untuk tidak nonton bareng, tidak datang ke stadion, dan nonton dari rumah.

Hadir dalam dalam acara ini, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Sekjen PSSI Yusri Yunus, pimpinan klub dan pimpinan supporter Liga 1 dan Liga 2 seluruh Indonesia. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.