Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bela Negara, Menpora: Mahasiswa Harus Pahami 4 Pilar Kebangsaan

Selasa, 24 Agustus 2021 10:03 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Zainudin Amali berpesan kepada para mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk tetap berpegang teguh 4 pilar kebangsaan yaitu NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan Undang-undang Dasar 1945.

Hal tersebut disampaikan Menpora Amali saat memberikan sambutan sekaligus motivasi dalam kegiatan Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2021 Universitas Negeri Surabaya (Unesa) secara virtual, dengan tema “Bela Negara Generasi Muda, Menguatkan Negeri dan Menjaga NKRI ”, Senin (23/8).

“Anda sebagai generasi penerus, anda punya tanggung jawab untuk masa depan bangsa ini, tanggung jawab untuk selalu bisa mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, itu tanggung jawab anda, tanggung jawab saya, tanggung jawab kita semua sebagai warga bangsa,” ujar Menpora Amali.

Baca juga : Gagas Senam SAH, Menpora Diganjar Penghargaan MURI

Menurut Menpora Amali, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Bhineka Tunggal Ika merupakan kesepakatan bersama bahwa dengan latar belakang yang berbeda-berbeda, suku, agama dan bahasa, namun tetap satu sebagai bangsa Indonesia.

“Kita punya konstitusi Undang-Undang Dasar 1945 yang menjadi dasar untuk hukum-hukum yang berlaku di negeri ini,” pungkasnya.

Dengan demikian, Menpora Amali menegaskan, komitmen untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak boleh ditawar.

Baca juga : Di Era Digital, Menpora Tekankan Mahasiswa Bekali Diri Dengan Kewirausahaan

“Sebagai generasi penerus dan pemimpin bangsa saya titip 4 pilar kebangsaan kita, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Tolong dicamkan, saya yakin kalau anda ingat dan menjalankan serta mempraktikkan dalam kehidupan lingkungan kampus anda akan sukses,” pesannya.

Disamping itu, Menpora Amali meminta mereka untuk segera menyesuaikan diri denga lingkungan kampus. Sebab di tempat inilah para mahasiswa baru akan menempuh pendidikan tinggi, baik itu belajar secara mandiri dan maupun belajar dengan bimbingan para dosen di kampus.

Para mahasisiwa baru ditekankan betul untuk meneguhkan tekad dan keyakinan bahwa mereka harus memprioritaskan belajar dan meraih prestasi sebagai tujuan utama mereka kuliah di perguruan tinggi.

Baca juga : Kemnaker: Meski Pandemi, Mahasiswa Polteknaker Jangan Kendor Belajar

“Aktivitas yang lain diluar aktivitas belajar itu adalah penunjang saja.Tetapi menyelesaikan studi itu adalah tugas utama anda, baik untuk diri Anda maupun untuk orang tua. Itu yang paling penting,” katanya.

Dia berharap para mahasiswa baru tidak berubah dan tergoda di tengah jalan seiring berjalannya waktu perkuliahan sehingga tujuan utama tidak terselesaikan dengan baik.

“Selamat anda menjadi bagian dari civitas akademika Universitas Negeri Surabaya, mudah-mudahan Anda sukses dan anda menjadi kebanggaan dari Universitas Negeri Surabaya,” harapnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.