Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sirkuit Mandalika Terpilih Jadi Tempat Tes Pramusim MotoGP

Sabtu, 28 Agustus 2021 15:02 WIB
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kiri) saat meninjau Sirkuit Mandalika di Lombok. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kiri) saat meninjau Sirkuit Mandalika di Lombok. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo memberikan kabar gembira mengenai Sirkuit Mandalika. Kata dia, Indonesia dipercaya Dorna Sports untuk menyelenggarakan pre-season test MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok pada 11-13 Februari 2022. Agenda ini diharapkan menjadi momentum bangkitnya industri pariwisata Indonesia dan Lombok, khususnya disaat pandemi Covid-19 setelah event World Superbike 2021. 

“Merupakan suatu kehormatan Indonesia bisa menyambut para pembalap MotoGP dari seluruh dunia untuk melakukan uji coba di street circuit MotoGP berstandar FIM pertama di dunia, Sirkuit Mandalika. Terlebih, kita ketahui bahwa Indonesia memiliki jumlah penggemar MotoGP dengan angka yang sangat fantastis” ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, di Jakarta, Sabtu (28/8).

Ketua MPR ini menuturkan, tes pramusim merupakan agenda yang sangat penting bagi Sirkuit Mandalika. Para pembalap akan menguji coba ketangguhan mesin motornya saat melaju di Sirkuit Mandalika yang ‘super safety’. 

"Tes pramusim di MotoGP di Sirkuit Mandalika adalah kepercayaan yang luar biasa bagi Indonesia. Karena, tidak semua negara bisa dipercaya sebagai lokasi tes pramusim. Berbagai hal akan diuji oleh tim balap yang hadir. Mulai dari fisik pembalap, motor hingga perlengkapan balap lainnya," urai Bamsoet.

Ketua Umum Keluarga Besar Olahraga Tarung Derajat ini menjelaskan, para pembalap MotoGP dan kru teknisi akan menghabiskan banyak lap di sirkuit Mandalika selama 3 hari berturut-turut. Tujuannya, menggali performa terbaik dan kesiapan motor masing-masing tim sebelum berlaga dalam event MotoGP musim 2022. Selain itu, produsen helm, produsen ban, produsen knalpot akan menjadikan hasil tes pramusim sebagai masukan untuk meningkatkan performa. 

"Sekalipun Sirkuit Mandalika masih baru, namun sudah akan digunakan sebagai tuan rumah World Superbike seri penutup tanggal 12-14 November 2021. Event World Superbike dan tes pramusim menjadi bukti bahwa Sirkuit Mandalika sudah siap menggelar balapan MotoGP," pungkas Bamsoet. [USU]