Dark/Light Mode

Hanya Untuk Warga Depok

Asrama UI Disulap Jadi Tempat Isolasi Pasien OTG

Rabu, 14 Juli 2021 10:43 WIB
Asrama UI (Foto: Dok. UI)
Asrama UI (Foto: Dok. UI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asrama Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) di Kampus UI Depok, dialihfungsikan menjadi lokasi tempat pemulihan atau isolasi mandiri pasien Covid-19 dengan kategori tanpa gejala klinis (OTG) dan gejala ringan.

Pengalihan fungsi Asrama Mahasiswa UI menjadi tempat isolasi mandiri ini sudah dimulai sejak 9 Juli 2021.

Ini merupakan penambahan atau pengembangan kapasitas dari Wisma Makara UI, yang sudah tidak dapat lagi menampung pasien OTG Covid-19.

Baca juga : Walkot Makassar Mau Sulap Kapal Pelni Jadi Tempat Isolasi

Selama ini, asrama mahasiswa merupakan salah satu fasilitas yang diperuntukkan bagi para mahasiswa UI, terutama yang datang dari luar Jabodetabek.

Asrama mahasiswa ditetapkan secara resmi berdasarkan Surat Keputusan Rektor UI nomor 39A/SK/R/UI/1995.

Pembangunan asrama mahasiswa UI pada awalnya hanya memiliki 365 kamar. Terbagi menjadi 3 blok, yakni blok A untuk kamar putri, serta blok B dan C untuk kamar putra.

Baca juga : Gubernur Jambi Permak Eks RS Pertamina Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Pada tahun 2021, Asrama Mahasiswa UI Depok memiliki lebih dari 1.300 kamar. Pengelolaan tempat pemulihan/isolasi mandiri di Asrama Mahasiswa UI dikelola oleh Makara Hospitality Management (MHM) UI, yang juga mengelola Wisma Makara dan Pusat Studi Jepang UI.

Kedua tempat tersebut sudah lebih dulu menjadi lokasi tempat pemulihan/isolasi mandiri pasien Covid-19, dengan tanpa gejala dan gejala ringan pada November 2020.

Kapasitas Wisma Makara UI yang memiliki 67 unit kamar, terdiri dari 120 tempat tidur dilengkapi dengan fasilitas penginapan setara bintang tiga. Yaitu jaringan internet, layanan konsumsi, dan binatu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.