Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenpora-ISORI Gelar Kompetisi Inovasi Teknologi Terapan Olahraga 2021

Kamis, 9 September 2021 06:15 WIB
Salah satu inovasi teknologi yang berhasil meraih juara. (Foto : Istimewa)
Salah satu inovasi teknologi yang berhasil meraih juara. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus mendukung perkembangan inovasi dan teknologi olahraga di Indonesia. Salah satunya adalah menggelar Kompetisi Nasional Inovasi dan Teknologi Terapan Olahraga 2021 yang sudah memasuki babak final dan dilaksanakan dari tanggal 7 –10 Agustus 2021, di Hotel Grand Sahid, Jakarta.

Dari 118 pendaftar, panitia berhasil menjaring 15 peserta terbaik untuk dipertandingkan di grand final. Terdapat dua kategori utama yakni digital technology dan engineering. Masing-masing kategori dibagi lagi ke dalam 3 bidang yakni olahraga prestasi, olahraga pendidikan, dan olahraga rekreasi.

Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga Bambang Siswanto mengapresiasi antuasisme para peserta yang telah berupaya keras menyiapkan karya-karya terbaiknya untuk dilombakan di kompetisi ini. Meski demikian, Bambang meminta peserta tidak hanya fokus pada produk tetapi juga memikirkan keberlanjutan dari sisi bisnis.

Baca juga : Kadin-Kemenpora Teken MoU Majukan Industri Olahraga

"Kami dari Kemenpora berharap para peserta baik yang menang maupun yang belum menang dapat terus mengembangkan produknya. Selain dari sisi teknologi dan inovasi kami juga mendorong peserta untuk mengembangkan produknya dari sisi bisnis, supaya dapat diproduksi secara masal dan berkelanjutan," ujar Bambang, Rabu (8/9).

Menurutnya, kompetisi ini merupakan sebuah kolaborasi antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (Isori) dalam rangka untuk mengidentifikasi produk atau karya inovasi dan teknologi terapan olahraga karya anak bangsa yang dapat secara efektif dan efisien memajukan olahraga Indonesia.

Sementara itu, mewakili ISORI yang juga Ketua Dewan Juri Tandiyo Rahayu, menyambut baik antusiasme peserta selama proses penilaian. Ia menyebut peserta bertarung dengan penuh daya juang dan kompetitif. “Sungguh proses seleksi yang sangat berat. Semua sangat berpotensi, semua baik, semua kreatif, pintar dan inovatif," ujar Tandiyo.

Baca juga : Kemenpora-Perbasi Bahas IBL Musim 2022

Tandiyo Rahayu menegaskan, kompetisi ini diisi dengan dua kategori utama, yakni: Digital Technology dan Engineering dengan ruang lingkup antara lain olahraga prestasi, olahraga pendidikan, dan olahraga rekreasi. Muhammad Nur Rifqi memaparkan hasil karya Samsak Reaksi Berbasis Flip Flop Acak.

Menurutnya, Samsak Reaksi Berbasis Flip Flop Acak ini merupakan sarana latihan kecepatan reaksi dalam cabang olahraga beladiri berupa “Samsak Elektrik”. "Pembuatan samsak yang dimodifikasi, maksud adalah penambahan dan perombakan beberapa bagian samsak yang disesuaikan kebutuhan pengembangan, dimulai dari pembuatan kantong samsak kemudian pembuatan panel-panel target sasaran yang didalamnya dipasang spon yang tebal dan kuat untuk melindungi lampu LED," jelasnya.

Dalam ajang tersebut para peserta akan memperebutkan trofi dan piagam. Selain itu, juga disiapkan hadiah berupa uang tunai. Juara I,II, dan III di masing-masing kategori akan menerima hadiah sebesar Rp 35, Rp 25, dan Rp 20 Juta. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.