Dark/Light Mode

Wang Shixian, Jadi Kunci Suksesnya Chen Long Di Usia Tua

Senin, 13 September 2021 05:43 WIB
Wang Shixian. (Foto : Istimewa)
Wang Shixian. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bersiang di level tertinggi bulu tangkis dunia, tentu nggak mudah bagi atlet yang terbilang tak muda lagi. Salah satunya diakui pemain asal China, Chen Long. Usai pertandingan turnamen nasional di negaranya, Chen berbagi rahasia soal penampilannya yang gemilang.

Rupanya istri Chen, Wang Shixian, menjadi salah satu rahasia dirinya masih sanggup bersaing di level teratas. Shixian juga merupakan eks pemain bulu tangkis peringkat satu dunia.

Baca Juga : Pesan Mahfud: PLBN Sota Majukan Perekonomian Perbatasan

Itulah mengapa Shixian sangat memahami perjuangan sang suami. Dia selalu memperhatikan kondisi Chen dari Olimpiade hingga saat ini. Di sela-sela pertandingan, Shixian akan memberikan saran dan suntikan semangat untuk suaminya itu.

“Setiap kali kami berbicara, dia bisa mengatakan sesuatu. Dan selama diskusi itu dia bisa merasakan jika ada masalah dan apa yang berjalan dengan tidak semestinya,” tutur Chen, seperti dilansir Sina Sports.

Baca Juga : Sudirman: Politik Itu Bukan Karier, Tapi Keterpanggilan

Shixian kagum dengan determinasi Chen yang terlihat benar-benar mencintai bulu tangkis. Tak peduli betapa lelahnya, Chen selalu bermain maksimal.

“Terlepas menang atau kalah, hadapi pertandingan dengan hati yang netral. Tidak mudah untuk bermain di usia lebih dari 30-an tahun dan masih menjaga level dan persaingan seperti saat ini,” ucap Chen.

Baca Juga : Longsor Bogor, BNPB Gercep Turunkan Mobil Komunikasi Satelit Dan Bikin Pemetaan Cepat

Tak dapat dipungkiri, usia sudah mempengaruhi performa juara Olimpiade 2016 tersebut. Setelah melakukan isolasi selama 21 hari, Chen mengakui perlu waktu lebih lama untuk memulihkan kondisinya. “Mungkin butuh waktu lebih panjang untuk recovery di usia seperti saya. Setelah berlatih beberapa saat, saya merasa amat lelah,” ujar Chen. [JON]