Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Piala Sudirman

Piala Sudirman, Ginting Cs Jalani Latihan Perdana

Jumat, 24 September 2021 07:12 WIB
Anthony Sinisuka Ginting Cs jalani latihan. (Foto : PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting Cs jalani latihan. (Foto : PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wajah-wajah segar dan penuh semangat terpancar dari para pemain bulutangkis Indonesia saat menjalani sesi latihan perdana pada Kamis (23/9) siang waktu setempat. Greysia Polii dkk., berlatih penuh gairah di arena latihan yang disediakan panitia di Hameenkylan Liikuntahall, Vantaa, Finlandia.

Perjalanan menuju tempat latihan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan bus dari Hotel Skyline Airport. Para duta bulutangkis Merah-Putih ini benar-benar memanfaatkan secara maksimal latihan yang berdurasi 90 menit mulai pukul 11.30 waktu setempat.

Arena latihan dengan sembilan lapangan bulutangkis ini menjadi saksi bagaimana gairah dan antusias pemain Indonesia untuk bisa mengukir prestasi sebaik mungkin dalam perebutan Piala Sudirman yang akan berlangsung pada 26 September - 3 Oktober nanti.

"Hari ini tim bulutangkis Indonesia bisa menjalani latihan perdana. Saya lihat semua begitu bersemangat berlatih. Semoga semua bisa memanfaatkan waktu untuk latihan sebaik mungkin," ujar Rionny Mainaky, Kabid Binpres PP PBSI di tempat latihan dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : Tiba Di Finlandia, Tim Indonesia Jalani Test PCR Dan Karantina

 Para pemain berlatih sesuai sektornya masing-masing. Di ganda putra, Hendra Setiawan, Marcus Fernaldi Gideon, dan Rian Ardianto sempat berlatih tanding tiga lawan tiga dengan Mohammad Ahsan, Kevin Sanjaya Skamuljo, dan Fajar Alfian. Kemudian tanding dua lawan dua.

"Senang bisa berlatih lagi hari ini. Cuma karena dua hari sempat tidak latihan, terasa masih ada kaku-kaku," sebut Hendra.

Di tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting berlatih gim dengan Jonatan Christie. Sementara Shesar Hiren Rhustavito malah berlatih dengan pemain tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung. Sementara Putri Kusuma Wardani bermain melawan Esther Nurumi Tri Wardoyo.

Pada ganda putri, latih-tanding Greysia Polii bersama Siti Fadia Silva Ramadhanti juga tidak kalah serunya. Mereka bertanding melawan Apriyani Rahayu/Ribka Sugiarto. Untuk ganda campuran, Praveen Jordan berduet dengan Pitha Haningtyas Mentari berlatih tanding dengan Rinov Rivaldy yang berpartner dengan Melati Daeva Oktavianti. Variasi latihan berikutnya, Praveen atau Rinov dikeroyok tiga pemain.

Baca juga : Penting,Tuntutan Jaksa Terapkan Prinsip HAM

"Hari ini saya dan kawan-kawan berlatih penuh gairah. Sangat menyenangkan bisa kembali berlatih. Latihan ini memang diharapkan agar dapat mengembalikan kondisi," tutur Praveen.

Menurut pelatih fisik sekaligus Kasubid Pengembangan Sport Science PP PBSI, Iwan Hermawan, latihan pertama ini digunakan untuk pemulihan kondisi pemain. Maklum, setelah dua hari sejak berangkat dari Jakarta hingga mendarat di Finlandia hari Rabu kemarin, pemain tidak sempat berlatih.

"Harapannya kebugaran pemain bisa terjaga dan latihan ini untuk conditioning saja," tukas Iwan.

Pagi sebelumnya, pemain memang bisa berlatih di gim di hotel tempat menginap. Namun karena ruangannya tidak besar, tidak semua bisa berlatih bersama. "Lumayan untuk menjaga kebugaran tubuh setelah dua hari tidak berlatih," kata Marcus yang usai berlatih kebugaran bersama Ginting, Jonatan, Fajar, dan Rian.

Baca juga : Piala Sudirman, Peluang Ginting Cs Fifty-fifty

Sementara pemain lain seperti Greysia, Apri, Ribka, Fadia, Melati, dan Pitha, memanfaatkan udara pagi yang mencapai 9 derajad celcius dengan joging di sekitar hotel yang berada di kawasan sepi. "Tadi joging hanya untuk menghirup udara segar saja," sebut Greysia.

Usai latihan teknik, pada sesi sore pemain akan menjalani latihan fisik. Latihan dilakukan mulai pukul 16.00 waktu di ruangan gim hotel. "Semoga latihan hari ini bisa terus ditingkatkan agar pemain benar-benar siap bertanding saat kejuaraan dimulai," tegas Rionny. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.