Dewan Pers

Dark/Light Mode

Berkunjung Ke Mitra Binaan PT PKT, Sukses Budidaya Lobster Di Pinggir Pabrik dan Diekspor Sampai 4 Ton!

Selasa, 14 Juni 2022 12:50 WIB

Banyak sekali program corporate social responsibility (CSR) yang dikerjakan oleh PT Pupuk Kaltim untuk masyarakat sekitarnya. Dua diantaranya dikunjungi oleh Rakyat Merdeka bersama sejumlah pimpinan media massa nasional, baru-baru ini.

Keramba Jaring Apung, adalah program pengembangan budi daya lobster melalui keramba, di perairan Tanjung Limau, Gusung dan Bontang Kuala.

Lobsternya besar-besar. Jenis lobsternya banyak yaitu pasir, mutiara, bambu, kipas, ronggeng, dan batik. Selain itu juga ada ikan kerapu, ikan putih dan baronang. Ikan dan lobster di tempat ini bisa langsung dinikmati. Di restoran yang terapung di tengah laut. Segar, karena langsung ditangkap dan dimasak. Tidak pernah masuk ke kulkas. Dan hasilnya sudah dieskpor sampai 4 ton ke luar negeri. Luar biasa!

 

Selain itu, mitra binaan lain ada di Gang Aren, Kota Bontang.

Inkubasi Bisnis Permata Bunda, mendidik dan menggali bakat-bakat dari anak berkebutuhan khusus agar mampu berwirausaha. Mereka tinggal di lingkungan Kampung Aren, sebuah wilayah yang didesain ramah disabilitas. Di Kampung ini, lahir usaha-usaha kecil. Seperti bisnis makanan, konveksi, pembibitan dan pusat-pusat pendidikan keterampilan.

Tayangan ini adalah wawancara dengan Muhtar (Ketua Kelompok Nelayan Keramba Jaring Apung) dan Siti Marlina (Pimpinan Inkubasi Bisnis, Permata Bunda). Dua mitra binaan yang sukses mengembangkan program-program untuk masyarakat Bontang dan sekitarnya. [Ratna Susilowati]