BREAKING NEWS
 

Jokowi Condong Dukung Prabowo Atau Ganjar Sih

Andreas Hugo Pareira: Jokowi Dukung Ganjar Pranowo

Reporter : NANA MAULANA
Editor : DAUD FADILLAH
Kamis, 5 Oktober 2023 06:22 WIB
Andreas Hugo Pareira, Ketua DPP PDIP. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Bagaimana Anda melihat hasil survei LSI, bahwa publik melihat Jokowi lebih mendukung Prabowo? 

Adsense

Memang, politik itu persepsi publik. Politik sangat dipengaruhi persepsi. Persepsi membentuk opini publik. Lembaga survei, hakikatnya bekerja untuk memotret persepsi. Tetapi, lembaga survei juga sering bekerja untuk membentuk persepsi melalui survei.

Anda melihat hasil survei ini untuk membentuk persepsi publik ya?

Tampaknya seperti itu. Sehingga, publik pun perlu kritis melihat hasil survei. Mana lembaga survei yang bekerja untuk memotret persepsi. Artinya, memotret fakta. Mana lembaga survei yang bekerja memotret "fakta" untuk membentuk persepsi. 

Baca juga : Denny JA: Publik Merasa Jokowi Mendukung Prabowo

Bagaimana dengan hasil survei LSI ini?

Silakan publik mengkritisi hasil survei LSI Deny JA ini.

Apakah Megawati dan Jokowi solid mendukung Ganjar sebagai Capres?

Ibu Mega mengumumkan Capres Ganjar Pranowo pada 21 April 2023, antara lain didampingi Pak Jokowi. Kemudian, dalam pembukaan Rakernas PDIP, 29 September 2023, di hadapan peserta, Jokowi menegaskan, sepakat dengan topik Rakernas dan setuju dengan pesan pidato Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 

Baca juga : Viva Yoga Mauladi: Sejak Awal Tidak Ada Arah Ke Sana

Setelah itu, Jokowi berpesan kepada Ganjar agar sehari setelah dilantik, segera menjalan program kedaulatan pangan. Jokowi tidak mengatakan apabila Ganjar menang Pilpres, tapi sehari setelah dilantik. Penafsiran apalagi yang harus disampaikan untuk menjelaskan, Jokowi mendukung Ganjar.

Bagaimana perkembangan kandidat Cawapres, mengingat sudah mendekati waktu pendaftaran ke KPU? 

Mas Ganjar didampingi tim kampanye yang handal. Terdiri dari sipil, berlatar belakang militer, profesional. Juga, kader-kader militan PDI Perjuangan, PPP, Hanura dan Perindo serta ribuan kelompok relawan yang menyebar di seluruh Indonesia. Soal Cawapres, tinggal melihat momentum yang tepat untuk diumumkan. 

Sebagai partai yang bisa mengusung Capres-Cawapres sendiri, apakah mungkin PDIP mengusung Cawapres dari PDIP juga?

Baca juga : Projo Resmi Deklarasikan Dukungan Kepada Ganjar Pranowo

PDI Perjuangan bekerja sama dengan partai-partai yang juga mendukung Ganjar, maka untuk memutuskan pendamping, tentu akan dibicarakan dengan rekan partai-partai pendukung. NNM

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense