BREAKING NEWS
 

Unas Terima Program Insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi MBKM

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Kamis, 29 Desember 2022 13:45 WIB
Pelatihan pembuatan pupuk padat dan cair yang dilakukan Unas di Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Foto: Dok. Unas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Nasional (Unas) menerima insentif dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mengadakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang terintegrasi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU) bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Tahun 2022. Kegiatan PKM digelar dua hari, Rabu (13/12) dan Jumat (16/12), di Di RW 08 Kelurahan Warakas Kecamatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dalam penjelasannya, Ketua Pelaksana Nonon Saribanon menyampaikan bahwa kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang penanggulangan stunting dan meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan limbah domestik.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bermuara untuk menanggulangi stunting. Sebab, salah satu daerah yang memiliki angka stunting yang cukup tinggi adalah di Kelurahan Warakas, Tanjung Priok. Selain itu, karena dalam PKM ada beberapa aktivitas ekonomi yang harapannya bisa meningkatkan pendapatan warga di Warakas,” paparnya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Kamis (29/12).

Baca juga : Jaksa Dobrak Rumah Tersangka Korupsi

Kegiatan PKM yang bertempat di RW 08, Kelurahan Warakas, tersebut memiliki beberapa agenda. Seperti Pelatihan Pembuatan Pupuk Padat dan Cair dan Pelatihan Hidroponik yang disampaikan Raffi Paramawati. Pelatihan Formulasi dan Teknik Pembuatan Pelet Ikan oleh Denny D Indradjaja, dan Pelatihan Pembuatan Tepung Ikan dari Bahan Baku Lokal oleh Indonesia Power, Angga Septian Erdiyanto.

Adsense

Ketua RW 08 Warakas Juprinaldi mengatakan, kegiatan PKM Unas sangat bermanfaat bagi warga Warakas. “Kegiatan ini sangat bermanfaat dan bisa menambah ilmu wawasan, terutama dibantu oleh adik-adik mahasiswa dari Unas. Harapannya dengan fasilitas yang diberikan Unas seperti alat pembuatan pakan ikan dan bahan hidroponik bisa mengurangi pengeluaran pembelian pakan ikan, karena kami sendiri ada budidaya ikan lele dan pakannya pun kami beli,” ungkapnya.

Program ini mengangkat judul “Pengelolaan Limbah Terintegrasi untuk Peningkatan Pendapatan Masyarakat dan Penanggulangan Stunting di Kelurahan Warakas Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara”. Selain itu, dalam program insentif ini, LPPM Unas juga bekerja sama dengan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal Wat-Tamwil Bina Usaha Muhajirin (BMT BUMi) Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok dalam upaya pemberdayaan pengelola dan anggota koperasi, di Kebun Katala Mekarsari, Depok, pada 10 dan 17 Desember 2022.

Baca juga : SKK Migas Dan Kementerian ESDM Adakan Program Penilaian Dan Pembinaan Bersama

Ketua Pelaksana Noverita mengatakan, kegiatan dilakukan dalam bentuk pelatihan kepada para anggota dan pengurus koperasi mengenai manajemen risiko dan model pembinaan UMKM anggota koperasi, manajemen produksi dan produk kreatif, serta manajemen keuangan dan pemasaran produk UMKM.

“Ini merupakan program dari Kemendikbudristek yang diserahkan kepada para dosen di perguruan tinggi swasta, untuk memberdayakan mitra yang bergerak di bidang ekonomi dan kewirausahaan,” ujarnya.

Ketua LPPM Unas Nonon Saribanon menuturkan, Unas menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang mendapatkan hibah program insentif untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat seperti pelatihan atau workshop. “Pelatihan ini merupakan program yang tepat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung dan mengembangkan koperasi,” tuturnya.

Baca juga : Transformasi Perpustakaan Dorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Ketua KSPPS BMT BUMi Agusniar Trisnamiati menyambut baik atas adanya kerja sama dari Unas untuk memberikan pelatihan kepada anggota koperasi. “Mudah-mudahan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan para anggota koperasi untuk membangun koperasi yang sehat, profesional dan amanah,” ucapnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense