Dark/Light Mode

Tim KKB Universitas Trisakti Berikan Pelatihan GMP Bagi UMKM

Rabu, 7 Desember 2022 13:40 WIB
Pelatihan GMP dan sosialisasi pemanfaatan mesin inovasi oleh Tim KKB Universitas Triksakti, di kelompok UMKM Dodol Bojonggede, Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/12). (Foto: Dok. Usakti)
Pelatihan GMP dan sosialisasi pemanfaatan mesin inovasi oleh Tim KKB Universitas Triksakti, di kelompok UMKM Dodol Bojonggede, Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/12). (Foto: Dok. Usakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Kegiatan Kampung Bangkit (KKB) Universitas Trisakti mengadakan pelatihan Good Manufacturing Practice (GMP) dan sosialisasi pemanfaatan mesin inovasi berupa mesin pelinting dodol di kelompok UMKM Dodol Bojonggede, Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/12).

Wakil Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Trisakti sekaligus Ketua Tim KKB Universitas Trisakti Mohammad Ischak mengatakan, Universitas Trisakti merupakan 50 perguruan tinggi swasta (PTS) yang terpilih dari lebih dari  4.000 PTS pada Program Insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berbasis Kinerja IKU bagi PTS tahun 2022 yang diadakan Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek.

Baca juga : IMI-PT Otomotif Film Jalin Kerja Sama, Berikan Diskon Khusus Bagi Anggota

“Program ini terbagi dalam dua kegiatan, yaitu kegiatan kemandirian masyarakat dan Kegiatan Kampung Bangkit,” kata Ischak, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (7/12).

Dalam KKB ini, ini tim berhasil memperbaiki fasilitas produksi dodol dan tempat display yang lebih higienis, meningkatkan waktu produksi, serta kualitas dodol yang sesuai standar keamanan pangan. Materi pelatihan GMP diberikan narasumber yaitu pakar standar keamanan pangan M Noor Efansyah.

Baca juga : Bekuk Amerika Serikat, Pelatih Belanda Pede Juara

Setelahnya, dilakukan sosialisasi penggunaan mesin pelinting dodol oleh pakar mesin pelinting Brahmantyo Anggoro serta desain ruang fasilitas produksi yang lebih higienis oleh pakar kemananan pangan dari PT Sugizindo dan Danone ASPAC Dandan Rachmadani.

Kegiatan Kampung Bangkit di kelompok UMKM Dodol Bojonggede ini dilakukan Wawan Kurniaan, Rina Fitriana, dan Mustamina Maulani. Kegiatan ini juga melibatkan 5 mahasiswa Universitas Trisakti yaitu Idri Anisa, Anti Novi, Gina Almas N, Cynthia Clarresta, dan Ciptaning Nurfitri.

Baca juga : Lionelo Kini Hadir di Indonesia, Ramaikan Pasar Peralatan Bayi

Pelatihan GMP dan sosialisasi penerapan mesin inovasi berupa mesin pelinting dodol ini diikuti 30 peserta yang terdiri ibu-ibu pengusaha dodol dan ibu-ibu pengajian Nurul Huda. Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan ini.

“Kami sangat berbahagia dan berterima kasih atas bantuan dan bimbingan dari Tim KKB Universitas Trisakti, yang antara lain telah memperbaiki fasilitas produksi dodol kami. Alhamdulillah pada proses perbaikan fasilitas tersebut, pesanan dari berbagai pihak terutama dari Pemda di Cibinong meningkat, karena yakin proses pembuatan dodol di tempat kami sudah lebih higienis,” tutur Hajjah Muhayah, Ketua Kelompok UMKM Dodol.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.