BREAKING NEWS
 

Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN

Erick Thohir Minta Ada Inovasi Transisi Energi

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Selasa, 7 Desember 2021 06:40 WIB
RUPS PLN tahun 2021 memutuskan, mengangkat, dan menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN, menggantikan Zulkifli Zaini. (Foto: PLN).

RM.id  Rakyat Merdeka - Darmawan Prasodjo naik kelas menjadi Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun 2021. Darmawan menggantikan Zulkifli Zaini.

Surat Keputusan (SK) RUPS disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kantor Pusat PLN (Persero) di Jakarta, kemarin. SK RUPS ini berlaku sejak 6 Desember 2021.

Dalam sambutannya, Erick berpesan kepada Darmawan agar melanjutkan transformasi yang telah dilakukan perusahaan listrik pelat merah selama ini.

“Transisi energi yang sudah berjalan di PLN perlu terus dilakukan dengan terobosan baru, sehingga tidak membebani negara dan masyarakat,” pesan Erick.

Baca juga : Tok, Darmawan Prasodjo Naik Pangkat Jadi Dirut PLN

Menurut Erick, tantangan transformasi PLN ke depan tidak hanya terbatas pada perbaikan finansial. Tapi juga bagaimana menghadapi tantangan zaman, energi yang lebih hijau, digitalisasi dan servis kepada masyarakat.

Serta, penerapan Eco Lifestyle yang menjadi kebutuhan utama demi menciptakan lingkungan yang berkesinambungan untuk generasi masa kini dan masa depan.

“PLN perlu mempersiapkan diri melakukan akselerasi bisnis dalam menghadapi tren baru. Seperti ekosistem kendaraan listrik dan berkolaborasi terkait electrifying lifestyle dengan pihak-pihak lain,” ujar Erick.

Dalam kurun dua tahun, PLN telah memperbaiki kinerja keuangan dan berhasil membukukan pendapatan usaha Rp 345,4 triliun, dan laba bersih Rp 5,99 triliun pada tahun 2020. Laba ini naik 39,3 persen dibandingkan 2019.

Baca juga : Jaga Keberlangsungan Bisnis, PLN Sudah Siap Jalankan Transisi Energi

PLN juga berhasil menurunkan jumlah rasio utang menjadi senilai Rp 452,4 triliun.

Erick menambahkan, dalam kepemimpinan Zulkifli, usaha transformatif juga dilakukan secara paralel sebagai salah satu garda dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional selama pandemi Covid-19.

Adsense

PLN juga ikut berkontribusi melalui Diskon Listrik dengan target penerima 31,4 juta rumah tangga di tahun 2020 dan 32,6 juta rumah tangga di tahun 2021.

Melalui kebijakan ini, kata Erick, PLN telah membantu menjaga kestabilan ekonomi dan sosial di masyarakat.

Baca juga : Jokowi Minta Pertamina Dan PLN Siapkan Transisi Energi

“Saya menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas komitmen yang sudah diberikan selama ini. Saya yakin, rekam jejak terbaik yang ditorehkan menjadi legacy dan fondasi untuk pemimpin berikutnya,” kata Erick.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense