BREAKING NEWS
 

Gandeng Kemendikbud, Schneider Electric Kerek Kualitas SDM Vokasi

Reporter & Editor :
ADITYA NUGROHO
Rabu, 15 Desember 2021 20:12 WIB
Distribution Channel & Residential VP, M. Farhan Lucky (tengah) mewakili Schneider Electric Indonesia menerima penghargaan MURI atas inisiatif perusahaan dalam menyelenggarakan Electrical Education Program & Competition (EEPC). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Schneider Electric sebagai pemimpin transformasi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi berkomitmen meningkatkan kompetensi SDM vokasi di Indonesia. Untuk meningkatkan kompetesi SDM, perseroan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Setelah bersama-sama mendirikan Pusat Keunggulan bidang Listrik, Otomasi dan Energi Terbarukan pada 2018 lalu, tahun ini keduanya bekerja sama menyelenggarakan Electrical Education Program & Competition (EEPC). EEPC merupakan rogram pendidikan dan pelatihan vokasi yang difokuskan pada pengembangan kompetensi para calon ahli listrik Indonesia menghadapi era Home of The Future.

Melalui program EEPC ini, Schneider Electric berbagi wawasan mengenai trend konsep perumahan masa depan yang semakin terkoneksi dan cerdas. EEPC adalah program pendidikan dan pelatihan vokasi secara daring yang diperuntukkan bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan spesifikasi jurusan kelistrikan.

Selama mengikuti EEPC yang berlangsung 5 minggu ini, para siswa/i SMK memperoleh pembekalan teknis mencakup instalasi listrik termasuk energi terbarukan dan panel surya, instalasi perangkat rumah pintar, sistem keamanan dan perlindungan listrik, hingga desain dan instalasi software pengelolaan listrik seperti Eco Struxure Power untuk perumahan.

Baca juga : Kemenkop Kerek Kualitas KUMKM Subang

Para peserta juga memperoleh pembekalan soft skill seperti membuat CV yang menarik, mempersiapkan wawancara kerja, serta mengenal budaya kerja. Di akhir sesi pelatihan, para peserta memperoleh kesempatan untuk mengikuti kompetisi dengan mempresentasikan ide-ide kreatifnya terkait desain sistem keamanan listrik, dan desain rumah masa depan.

Acara yang diselenggarakan pada 21 Oktober hingga 18 November 2021 itu diikuti oleh sekitar 4500 siswa/i SMK dari 126 SMK di seluruh Indonesia. Ini merupakan program webinar kelistrikan kepada siswa SMK dari provinsi terbanyak di Indonesia, yang memperoleh penghargaan dari MURI.

Adsense

Adapun penganugerahan “Webinar Kelistrikan kepada siswa SMK dari provinsi terbanyak” oleh MURI diberikan oleh Wakil Direktur Operasional MURI Awan Rahargo bersama dengan Customer Relation Manager MURI, Andre kepada  Distribution Channel & Residential VP Schneider Electric Indonesia, M. Farhan Lucky.

Pemberian penghargaan disaksikan oleh Kepala Subbag Tata Usaha, Direktorat SMK Kemendikbud Ristek, Arfah Laidiah Razik dan Kepala BBPPMPV BMTI, Kemendikbud Ristek, Supriyono.

Baca juga : Gandeng Kemenperin, Surveyor Indonesia Perkuat TKDN

Dalam sambutannya, Arfah Laidiah Razik mengatakan, pemerintah terus berupaya mencetak lulusan vokasi yang tidak hanya siap kerja, namun juga memiliki kualitas dan keahlian yang mumpuni dalam menghadapi kebutuhan industri masa depan.

“Kami terus berkolaborasi dengan berbagai pelaku industri, termasuk dengan Schneider Electric untuk menyelenggarakan pelatihan terkait trend dan teknologi terbaru untuk para siswa SMK,” ujarnya.

Sementara, M. Farhan Lucky mengatakan, pemanfaatan teknologi digital dan Internet of Things di sektor perumahan ke depannya akan terus meningkat. Berbagai perangkat dan peralatan listrik rumah akan semakin terkoneksi dan saling berbicara satu sama lain.

Ke depannya penetrasi energi terbarukan seperti panel surya di sektor perumahan juga akan semakin diminati. Trend ini tentunya harus didukung dengan desain dan instalasi kelistrikan yang tepat guna dan aman.

Baca juga : Gandeng Musisi Muda, Levi's Gelar Music Project Lintas Batas Dunia

“Dengan latar belakang ini, Schneider Electric berinisiatif menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan yang difokuskan pada pengembangan kompetensi ahli listrik untuk menunjang kebutuhan home of the future ini,” katanya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense