Dark/Light Mode

Gandeng OVO, Gibran Kerek Pendapatan UMKM Solo

Kamis, 21 Oktober 2021 22:20 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat konferensi pers virtual Program Nasional Grab dan OVO untuk Dukung Percepatan & Perluasan Digitalisasi Daerah, Kamis (21/10). (Foto: ist)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat konferensi pers virtual Program Nasional Grab dan OVO untuk Dukung Percepatan & Perluasan Digitalisasi Daerah, Kamis (21/10). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menggandeng Grab dan OVO meningkatkan pendapatan UMKM Kota Solo.

Menurut Gibran, peran perusahaan teknologi seperti Grab dan OVO sangat terasa dampaknya bagi UMKM di kota Solo. Keberadaannya mampu mendongkrak pendapatan UMKM.

Agar masyarakat makin tertarik membeli produk UMKM Solo, Gibran mengajak Grab dan OVO memberikan cashback dan delivery free untuk UMKM.

Baca juga : UU HPP Diharap Kerek Pendapatan Negara Dari Pajak

"Kita ingin UMKM bangkit lagi, dan berproses pasca pandemi," kata Gibran saat konferensi pers virtual Program Nasional Grab dan OVO untuk Dukung Percepatan & Perluasan Digitalisasi Daerah, Kamis (21/10).

Gibran juga mengungkapkan pihaknya akan mendongkrak penggunaan pembayaran non tunai di wilayahnya. Berdasarkan data dari Bank Indonesia, transaksi non tunai di Solo Raya naik sekitar 201 persen kala pandemi.

Oleh sebab itu, Solo dinobatkan sebagai peringkat pertama kota di Jawa Tengah yang dianggap sukses menerapkan cashless. Di nasional, Solo berada di peringkat ketujuh.

Baca juga : Sejak Awal Pandemi, Smartfren Community Berkomitmen Berdayakan UMKM

Gibran menjelaskan, salah satu strategi untuk meningkatkan penggunaan pembayaran non tunai adalah dengan melakukan penetrasi ke pasar-pasar tradisional di kota Solo. Selain itu juga menggandeng perusahaan-perusahaan teknologi.

Bagaimana tanggapan OVO? President Director OVO Karaniya Dharmasaputra mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan pihaknya bersama Lemba Survei CORE menemukan fakta bahwa digitalisasi bisa secara real menaikan pendapatan UMKM sebanyak 27 persen. Karena dengan digitalisasi masa di mana seluruh pedangan bisa tinggi sama sejajar. [DWI]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.