BREAKING NEWS
 

ChildFund Ajari Anak Tanggap Bencana Alam

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Sabtu, 25 Desember 2021 15:55 WIB
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Dinas Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Tengah menilai Cilacap sebagai daerah dengan risiko bencana alam tertinggi. Pada akhir Desember 2021, proyek ini berhasil menorehkan capaian dalam menerapkan tiga pilar sekolah aman, yaitu fasilitas sekolah aman, manajemen bencana di sekolah serta pendidikan pencegahan dan pengurangan risiko bencana.

Program Coordinator YSBS Mino Martani Yuni menyebut S3EC telah melakukan renovasi mayor dan nimor terhadap 11 sekolah dasar di Kulon Progo dan sembilan di Kampung Laut. Selain itu, terdapat 47 sekolah imbas yang juga mendapat bantuan non-fisik dari proyek ini.

"Kami juga melengkapi sekolah dengan sarana yang aman, mulai dari meja, kursi dan lemari. Di sekolah kini telah ada petunjuk atau rambu evakuasi juga ada alat peraga ajar dan buku bacaan tentang PRB di sekolah-sekolah," jelasnya.

Baca juga : Pulang Dari Amerika, Suga K-pop Kena Covid

Pimpinan PBMM MAS Bertho Pintono mengatakan proyek tersebut berupaya mendorong warga sekolah untuk turut andil dalam manajemen bencana sesuai kapasitasnya. Mulai dari komite sekolah hingga murid. Hal itu merupakan dasar dari pilar manajemen bencana di sekolah.

Bertho menuturkan, beberapa kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi konsep sekolah aman kepada sekolah-sekolah. Kemudian, pelatihan untuk kepala sekolah dan guru tentang Satuan Pendidikan Aman Bencana yang difasilitasi oleh dinas Pendidikan dan BPBD, pelatihan pembuatan prosedur tetap (PROTAP) tanggap bencana.

Selain itu, pembentukan tim siaga bencana di sekolah, di mana PROTAP/SOP yang dibuat disesuaikan dengan jenis bahaya dan lingkungan di sekolah.

Baca juga : Ibu Iriana Tinjau Vaksinasi Anak Hingga Bagikan Sembako

“Untuk pilar ketiga, yaitu pendidikan pencegahan dan pengurangan risiko bencana, kita mendorong terjadi integrasi PRB ke dalam pembelajaran sehari-hari. Salah satunya melalui penciptaan modul integrasi PRB yang dapat digunakan oleh guru,” ujarnya.

Romo Carolus Burrows sebagai Pimpinan YSBS Cilacap mengatakan, karena situasi Indonesia yang berada di ring of fire dan perubahan cuaca sering terjadi, jelas banyak hal harus menjadi perhatian.

"Saya sangat menghargai upaya ChildFund dan Mino Martani untuk memikirkan dan menangani masalah-masalah sepertu ini secara bersama," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense