BREAKING NEWS
 

PTPN Group Dongkrak Kualitas Kopi Indonesia Berstandar Internasional

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : FAQIH MUBAROK
Rabu, 23 Maret 2022 20:05 WIB
Direksi Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) saat kunjungan ke lokasi pilot project di wilayah Gunung Ijen Bondowoso, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), berupaya memperbaiki sistem operasional budidaya kopi agar sesuai dengan cara berkebun yang memenuhi kaidah Good Agricultural Practices. 

Direktur Pemasaran Holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Dwi Sutoro menjelaskan, upaya perseroan memperbaiki sistem operasional adalah melalui program Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara.

Di program PMO, Kementerian BUMN memperkuat sinergi para pelaku usaha kopi demi mendorong kemajuan ekosistem industri kopi di tanah air. 

"Mengelaborasi perusahaan BUMN termasuk PTPN dan swasta, serta asosiasi dan lembaga Research and Development (R&D)," katanya dalam keterangan pers saat kunjungan kerja ke lokasi pilot project di wilayah Gunung Ijen Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (23/3).

Baca juga : Indonesia Usung 4 Prinsip Utama Arus Data Lintas Negara

Sinergi tersebut diyakini bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas industri nasional. Sehingga dihasilkan biji kopi terbaik yang memenuhi standar internasional.

"Kami optimis, melalui sinergi dan kerja keras seluruh elemen dalam PMO Kopi Nusantara, dalam jangka 2-3 tahun mendatang, Indonesia akan menjadi market leader industri kopi dunia," kata Dwi Sutoro.

Ketua Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara ini menerangkan kunjungan kerja dilakukan bersama dengan Tim PMO Nusantara guna memastikan program kerja yang telah disusun berjalan sesuai rencana Kementerian BUMN yang dicanangkan Januari 2022.

Adsense

Lokasi yang dikunjungi oleh Tim PMO Kopi Nusantara pada Selasa (22/03) berada di wilayah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, yaitu lokasi Pilot Project 1a dan 1b. 

Baca juga : I3L dan iSB Gelar Pameran Pendidikan Internasional 2022

Area pilot project di wilayah Bondowoso ini akan mulai panen raya di bulan Mei tahun 2022 dengan target produktivitas pilot project 1a sebanyak 900 kg/ha dan target produktivitas pilot project 1b sebanyak 400 kg/ha.

Dwi Sutoro bersama Tim PMO Kopi Nusantara turut mengunjungi pabrik pengolahan kopi yang berada di bawah PTPN XII. 

Setelah melihat secara langsung proses pengolahan biji kopi yang berasal dari hasil panen petani binaan maupun kebun di wilayah kerja PTPN Group, Dwi Sutoro semakin optimis pada masa depan industri kopi nasional di pasar dunia segera menjadi market leader kopi Internasional.

"Saya berharap PTPN Group bersama PMO Kopi Nusantara terus meningkatkan proses R&D agar kopi asal Indonesia berkualitas tinggi dan menjadi produk terbaik di pasar internasional. Apabila hal ini dicapai, tentu akan berdampak pada perekonomian nasional dan kesejahteraan petani kopi Indonesia," ungkap Dwi Sutoro.

Baca juga : Industri Pulp Dan Kertas Indonesia Genjot Bisnis Berbasis ESG

Dalam kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Menteri BUMN Bidang Global Value Chains, Reynaldi Istanto, menyampaikan bahwa PMO Kopi Nusantara juga akan fokus pada traceability  komoditas kopi yang dikembangkan platform digital.

Traceability ini diharapkan akan meningkatkan nilai tambah kopi Indonesia dalam value chains kopi di mata dunia.

"Keberadaan ekosistem industri kopi Indonesia yang didukung dengan kolaborasi seluruh pihak serta platform digital untuk memastikan traceability dari produk kita akan memberikan nilai tambah lebih tinggi kopi Indonesia di pasar global. Ekosistem kopi ini juga kami harapkan bisa membuat harga kopi menjadi semakin kompetitif baik di kalangan petani hingga pelaku UMKM sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat," ujar Reynaldi yang ditunjuk oleh Erick Thohir menjadi Wakil Ketua PMO. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense