BREAKING NEWS
 

Pupuk Indonesia Siapkan 113.856 Ton Pupuk Subsidi Untuk Jabar, Banten Dan DKI

Reporter : IRMA YULIA
Editor : SRI NURGANINGSIH
Sabtu, 20 Agustus 2022 15:09 WIB
Foto: dok. Pupuk Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka menyambut musim tanam Oktober-Maret 2022, PT Pupuk Indonesia (Persero) telah menyiapkan stok pupuk bersubsidi sebanyak 113.856 ton untuk memenuhi kebutuhan petani di wilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar), Banten, dan DKI Jakarta.

SVP PSO Wilayah Barat Pupuk Indonesia, Agus Susanto, bahwa stok pupuk bersubsidi tersebut melebihi batas ketentuan yang ditetapkan Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Jadi, stok ini kita siapkan untuk alokasi Oktober-Maret. Sekarang kan lagi panen, sekitar September sampai Oktober mulai tanam kembali," ujarnya, dalam acara media gathering di Indramayu, Jumat (19/8).

Baca juga : Sore Ini Lawan Barito Putera, Bali United Ogah Kebobolan

Ia memaparkan, stok yang berjumlah 113.856 ton ini setara dengan 346 persen dari ketentuan pemerintah yang berjumlah 32.935 ton. Seluruh stok ini, kata dia, berada di Lini I (gudang produsen) hingga Lini III (gudang kabupaten dan distributor).

Rinciannya, pupuk Urea 70.479 ton dan pupuk NPK 43.376 ton. Pada kesempatan yang sama, Agus juga sempat menyambangi Gudang Lini III di Jatibarang, Indramayu, yang dikelola anak usaha Pupuk Indonesia, yaitu PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC).

Menurutnya, stok di Gudang Lini III di seluruh Kabupaten Indramayu berjumlah 9.392 ton. Terdiri dari Urea sebanyak 6.942 ton dan NPK 2.450 ton per 18 Agustus 2022.

Adsense

Baca juga : Lawan Bali United, Barito Butuh Pemain Ke-12

Alokasi di Indramayu sekitar 70.888 ton untuk satu tahun, minimal stok pupuk itu kurang lebih 3.000 ton untuk satu bulan.

"Sementara kita untuk Urea ini punya 4 gudang, di Indramayu salah satunya Jatibarang ini. Total stok Urea hari ini 6.942 ton. Aman lebih dari ketentuan yang ditetapkan Permendag," ujar Agus.

Khusus penyaluran, ia menuturkan, seluruh stok pupuk bersubsidi di wilayah Jawa Barat-Banten-DKI Jakarta akan didistribusikan kepada 68 Gudang Lini III, di 22 kabupaten dan 19 kota.

Baca juga : Khusus Desa Mandiri, Mendes PDTT Siap Ajukan Regulasi Dana Desa Untuk Rehab Kantor Desa

Dengan melibatkan 190 distributor dan 3.322 kios pupuk lengkap (KPL). Selain itu, penyaluran pupuk bersubsidi ini didistribusikan ke semua lini sesuai Surat Keputusan (SK) kepala daerah sebagai aturan turunan dari Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No. 41 Tahun 2021 yang pertengahan tahun ini direvisi menjadi Permentan No. 10 Tahun 2022 yang mengatur alokasi pupuk bersubsidi tahun 2022.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense