Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Indonesia Peringkat 1 Transparansi Anggaran Di Asia Tenggara

Selasa, 21 Juni 2022 07:05 WIB
Ilustrasi Transparansi Anggaran. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi Transparansi Anggaran. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia menjadi negara dengan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) paling transparan se-Asia Tenggara.

Dalam survei Open Budget Survey 2021 oleh Internasional Budget Partnership, Indonesia masuk kategori sufficient. Artinya, memiliki akuntabilitas dan keterbukaan mengelola anggaran.

Indonesiabaik.id mengunggah meme beberapa tumpukan uang dengan kaca pembesar. Di dalamnya terdapat pernyataan “Transparansi anggaran Republik Indonesia (RI) Nomor 1 se -Asia Tenggara,” berdasarkan hasil survei Open Budget Survey 2021 oleh International Budget Partnership.

Transparansi anggaran

Baca juga : Autoboatguy Indonesia Dukung Ekspedisi Bengawan Solo 2022

Indikator transparansi berdasarkan assement terhadap laporan pra-anggaran, usulan anggaran eksekutif (RAPBN), laporan akhir tahun, anggaran yang ditetapkan APBN dan laporan audit.

Di bawah Indonesia secara berturut-turut, yakni Filipina, Thailand, Timor Leste, Malaysia, Vietnam, Kambodja dan Myanmar.

“Negara kita, berada pada peringkat 17 dari 120 negara di dunia. Bahkan, men­jadi peringkat 1 se-Asia Tenggara,” ujar Indonesiabaik.id dalam caption-nya.

Baca juga : Lagi, Zheng/Huang Raih Gelar Di Istora Senayan

Akun @Kelayan bangga dengan prestasi Indonesia yang dinilai paling transparan dalam masalah APBN se-Asia Tenggara. Akhirnya dapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Alhamdulillah,” ujarnya.

Akun @KPKNLMetro menimpali. Kata dia, dengan opini WTP Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2021, menunjukkan bahwa APBN telah dikelola dengan baik secara prudent (bijaksana), transparan, serta akuntabel (tanggung jawab) di tengah tekanan pandemi dan menjaga pemulihan ekonomi nasional.

“Transparansi anggaran hanya melalu website Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tidak cukup. Harus ada pemberantasan korupsi yang bekerja sama dengan Kejaksaan Agung (Kejagung),” saran @triass.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.