BREAKING NEWS
 

Transisi Menuju Ekonomi Hijau, CIMB Niaga Batasi Pembiayaan Bisnis Batu Bara

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : SRI NURGANINGSIH
Rabu, 21 September 2022 17:42 WIB
Foto: Dok. CIMB Niaga

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) siap menggenjot pertumbuhan pembiayaan kepada bisnis yang berkelanjutan, dengan komitmen memberikan pembiayaan hijau dalam rangka mencapai target nasional pengurangan emisi atau Nationally Determined Contribution (NDC) pada 2030, transisi menuju ekonomi rendah karbon, dan tujuan nol emisi (Net Zero Emission/NZE) pada tahun 2060.

Salah satunya CIMB Niaga akan membatasi pembiayaan batu bara dan palm oil di tahun 2030. Nantinya pembiayaan akan lebih banyak menyasar pada bisnis berkelanjutan, seperti green mortgage, sustainable linked-loan/financing, pembiayaan kendaaran listrik hingga kepada UMKM.

Baca juga : Airlangga: Ekonomi Digital Hadirkan Peluang Baru Bagi Perekonomian Indonesia

“Target tahun 2030 kita Net ZeroCcarbon. Sementara di tahun 2040 portofolio khusus termal. Pembiayaan di sektor batu bara dan palm oil secara bertahap minimal itu porsinya 50 persen di tahun 2030, dan di tahun 2040 kita setop untuk batu bara,” ujar Lani dalam acara bertajuk The Cooler Earth Sustainability Summit di Jakarta, Rabu (21/9).

Lani menegaskan, CIMB Niaga memiliki berbagai kebijakan untuk memitigasi perubahan iklim dengan mengedepankan program berkelanjutan. Mulai dari pendanaan maupun pembiayaan yang berfokus untuk meningkatkan portofolio keuangan berkelanjutan.

Baca juga : Kembangin Ekonomi Dan Keuangan Syariah, BI Sabet Penghargaan Internasional

Sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia tersebut, tambahnya, CIMB Niaga yang memiliki bisnis perbankan juga memiliki tanggung jawab dalam memitigasi perubahan iklim.

Untuk itu, pihaknya mengajak para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi, bertransformasi, dan melakukan transisi, yaitu Transisi yang Berkeadilan atau Just Transition.

Baca juga : Lestari: Bangun Kolaborasi Promosikan Potensi Wisata Desa

“Hal ini berarti menghijaukan ekonomi dengan cara yang seadil dan seinklusif mungkin bagi semua pihak tanpa meninggalkan siapapun,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei mengatakan, CIMB Niaga mendukung Transisi yang Berkeadilan dengan membangun ekosistem pembiayaan berkelanjutan yang mampu meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif dari aspek keberlanjutan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense