BREAKING NEWS
 

Dirut TASPEN Raih Penghargaan Tokoh Transformasi Layanan Untuk Kesejahteraan Pensiunan

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 29 September 2022 19:41 WIB
Dirut TASPEN ANS Kosasih memamerkan penghargaan Rakyat Merdeka Award 2022 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (28/9). (Foto: Dok. TASPEN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT TASPEN (Persero) senantiasa berkomitmen menghadirkan inovasi layanan, dan meningkatkan kualitas layanan digital bagi peserta.

Berkat beragam inovasi yang telah dilakukan, TASPEN berhasil meraih Penghargaan Tokoh Transformasi Layanan untuk Kesejahteraan Pensiunan pada kategori Korporasi Perbankan dan Lembaga Keuangan, dalam ajang Rakyat Merdeka Award 2022.

Penghargaan ini membuktikan bahwa TASPEN selalu berupaya memberikan kemudahan bagi peserta, untuk mengakses layanan dan terus berinovasi di tengah perkembangan teknologi.

Penghargaan diberikan langsung kepada Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih, dan diserahkan oleh CEO RM Group, Kiki Iswara Darmayana di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (28/9).

Terkait hal ini, Kosasih menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi seluruh Insan TASPEN, atas dukungan dan kontribusinya selama ini, dalam menciptakan beragam inovasi layanan digital.

"Kami percaya, kualitas prima dan seluruh inovasi layanan TASPEN, dibangun untuk memudahkan peserta mengakses layanan yang optimal. Sekaligus sebagai apresiasi kepada para ASN, serta pensiunan yang telah mengabdi kepada negara," papar Kosasih dalam keterangannya, Kamis (29/9).

"Keberhasilan ini, tidak lepas dari dukungan penuh Menteri BUMN Bapak Erick Thohir yang selalu mendukung TASPEN, untuk tetap berinovasi di tengah badai pandemi Covid-19 dan tuntutan digitalisasi yang semakin dibutuhkan masyarakat luas," imbuh pria kelahiran 1970 itu.

Kosasih juga mengucapkan terima kasih kepada Rakyat Merdeka, atas penghargaan yang diberikan kepada TASPEN.

Baca juga : Dirut PLN Terpilih Sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional

"Kami persembahkan penghargaan ini, untuk seluruh Insan TASPEN yang senantiasa berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi seluruh peserta kami. Juga bagi pembangunan perekonomian Indonesia," tuturnya.

Penghargaan ini diraih TASPEN, antara lain berkat Program TASPEN PESONA, yang telah memberikan kemudahan akses layanan bagi ratusan ASN. Juga program WIRAUSAHA PINTAR, yang telah terbukti dapat mendongkrak kesejahteraan ASN dan pensiunan ASN. 

Hingga September 2022, terdapat 45.004 peserta TASPEN telah menggunakan layanan TASPEN Care, untuk pengurusan seluruh layanan TASPEN.

Total 257.118 klaim peserta telah berhasil diselesaikan secara optimal, melalui layanan e-Klaim.

TASPEN telah melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 82.852 ASN, yang sebagian besar telah memulai bisnis UMKM.

Sebanyak 1.505 UMKM di antaranya, telah mampu melaksanakan bisnis secara sustainable dan menghasilkan laba di tahun 2022, jauh di atas target yang ditetapkan stakeholders TASPEN.

Adsense

“Melalui program WIRAUSAHA PINTAR, puluhan ribu pensiunan sudah dapat kami arahkan menjadi wirausaha. Setelah ini, Insya Allah kita bisa segera meluncurkan program perumahan terjangkau, untuk ASN dan juga pensiunan," papar Kosasih.

Menurutnya, ini merupakan komitmen TASPEN untuk terus konsisten, tanggap, dan pro-aktif dalam pelayanan. Di samping menjunjung keandalan layanan bagi seluruh peserta.

Baca juga : ANS Kosasih, Tokoh Transformasi Layanan Untuk Kesejahteraan Pensiunan

Sementara itu, CEO Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana mengucapkan selamat kepada Kosasih, yang didaulat sebagai Tokoh Transformasi Layanan untuk Kesejahteraan Pensiunan.

Seperti diketahui, di masa pandemi, sejumlah tokoh perbankan berupaya menciptakan program-program terbaik untuk menjaga kondisi ekonomi.

Sejumlah perusahaan perbankan dan teknologi turut menolong usaha rakyat melalui bantuan pendanaan, pelatihan digitalisasi, dan pemberian bimbingan sampai mandiri. Tidak hanya di perkotaan, tetapi hingga ke pelosok daerah.

"Itu semua telah dilakukan TASPEN, sehingga TASPEN layak meraih penghargaan ini," ucap Kiki.

Selama masa pandemi Covid-19, TASPEN telah memberlakukan kebijakan, agar peserta tidak perlu lagi datang ke kantor TASPEN untuk mengurus administrasi.

Bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB), TASPEN menerapkan layanan One Stop Services di Mall Pelayanan Publik (MPP) di 39 lokasi, di berbagai provinsi di Indonesia.

TASPEN juga menerapkan digital otentikasi  yang memungkinkan peserta melakukan otentikasi melalui smartphone. Serta mengambil hak pensiun langsung melalui berbagai service points, dari berbagai institusi perbankan dan PT Pos Indonesia yang merupakan mitra TASPEN. Demi terus meningkatkan dan memudahkan pembayaran pensiun bagi para peserta.

Tentang PT TASPEN (Persero)

Baca juga : Muhammad Awaluddin, Tokoh Transformasi dan Recovery Bandara

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia, yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara.

Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia.

PT TASPEN (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun dan Program Jaminan Kematian (JKM).

Selama masa pandemi, PT TASPEN tetap mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.

Peserta pensiunan dapat mengakses layanan TASPEN melalui e-klim.taspen.co.id dan tcare.taspen.co.id, untuk mengunduh formulir klaim atau mengajukan pertanyaan dan keluhan.

Sebagai kanal informasi, dapat menghubungi Call Center 1500919, serta mengunjungi laman website official www.taspen.co.id, dan tcare.taspen.co.id. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense