Dark/Light Mode

Bikin Ekosistem Pemasaran Terintegrasi

Zeals Asia Dukung UMKM Untuk Indonesia Sejahtera

Jumat, 16 September 2022 11:32 WIB
Foto: Bambang Trismawan/Rakyat Merdeka.
Foto: Bambang Trismawan/Rakyat Merdeka.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 telah melumpuhkan berbagai sektor perekonomian, salah satunya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Padahal kontribusi UMKM dalam perekonomian begitu besar, bisa mengerek naik turunnya perekonomian nasional.

Riset lain menunjukkan, masih banyak UMKM yang memilih berjualan secara offline daripada online. Kendala utamanya, kurangnya pengetahuan dalam penggunaan platform digital.

Menghadapi kondisi ini, Zeals Asia, perusahaan berbasis data, ikut berpartisipasi mewujudkan misi Indonesia: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Perusahaan Integrated Digital Marketing Ecosystem ini membuat #BantuUMKMProgram. Zeals berkolaborasi dengan sejumlah pihak menyediakan wadah bagi para pelaku UMKM untuk dapat memasarkan produk dan mendapatkan revenue lebih besar melalui ekosistem digital.

Baca juga : Telkom Siapkan Sistem Data Katalog Nasional Satu Data Indonesia

Program ini merupakan kolaborasi Zeals bersama Ultra, Wise, dan Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia (AP3MI).

Acara penandatanganan #BantuUMKMProgram digelar di M Bloc, Jakarta Selatan, Jumat (16/9). Dalam acara itu hadir CEO dan Founder Zeals Asia Tommy Teguh Susetio didampingi perwakilan dari Ultra, Wise, dan AP3MI.

CEO dan Founder Zeals Asia Tommy Teguh Susetio mengatakan, kolaborasi ini untuk membina dan mensejahterakan UMKM di Indonesia.

Dengan menjadi wadah bagi para pelaku UMKM, harapannya UMKM dapat memasarkan produk secara digital, memiliki kesempatan untuk lebih dikenal, hingga mendapatkan revenue yang lebih besar.

Baca juga : Pembinaan Atlet Dukung Esports Indonesia Berprestasi Di Kancah Dunia

"Ini adalah awal yang baru dan hari yang luar biasa bagi Zeals Asia. Kami akhirnya dapat berpartisipasi dalam mewujudkan misi Indonesia: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Hari ini akan menjadi awal dari perjalanan kita bersama. Some people dream of success, we make it happen!," kata Tommy, saat membuka acara.

Dia menjelaskan, dengan ekosistem pemasaran digital yang terintegrasi, memungkinkan para pelaku UMKM untuk mengembangkan strategi kampanye yang efektif bersama dengan solusi yang tepat untuk kebutuhan pelanggan mereka.

Melalui program affiliate marketing dan online to offline Zeals Asia, pelaku UMKM akan mendapatkan ribuan affiliate marketers, dan dashboard yang dapat dipantau secara real-time.

Langkah ini membantu peran pemerintah dalam pemulihan ekonomi setelah pandemi dan menjadikan UMKM mampu bersaing di digital marketplace. Tommy menargetkan 3 juta UMKM yang tergabung dalam ekosistem ini.

Baca juga : Kemenhub Dorong Sistem Pembayaran Transportasi Berbasis Akun

Sekadar latar, data survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukkan, selama pandemi, 94,69 persen usaha mengalami penurunan penjualan. Berdasarkan skala usaha, penurunan penjualan lebih dari 75 persen dialami oleh 49,01 persen usaha ultra-mikro.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.