Dark/Light Mode

Rakyat Merdeka Award 2022

Muhammad Awaluddin, Tokoh Transformasi dan Recovery Bandara

Rabu, 28 September 2022 22:15 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin. (Foto: Ist)
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (AP II), Muhammad Awaluddin meraih Rakyat Merdeka Award sebagai “Tokoh Transformasi dan Recovery Bandara” untuk kategori Korporasi Infrastruktur, Manufaktur dan Otomotif. Penghargaan diserahkan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Rabu (28/9) malam.

Rakyat Merdeka Award 2022 untuk Indonesia Pulih dan Bangkit adalah bentuk apresiasi atas hasil kerja keras, sumbangsih jasa, pemikiran dan perjuangan yang berat dari sejumlah tokoh saat menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat pandemi, selama dua tahun terakhir.

Awaluddin dinilai berhasil melakukan digitalisasi layanan bandara. Dia menerapkan, state of the art technology untuk bandara yang dikelola AP II melalui berbagai produk layanan berbasis digital untuk menghadirkan airport digital journey experience bagi penumpang. Sejumlah produk layanan berbasis digital yang dihadirkan, antara lain iMATE Lounge, aplikasi travelin, Digital Airport Hotel, hingga juga fasilitas Skytrain, dan lain sebagainya.

AP II juga telah menjalani tahap pertama transformasi digital, yaitu Transformation 1.0 (2016-2020) yang fokus pada pembangunan budaya perusahaan dan dasar digitalisasi. Saat ini, perseroan menjalani Transformation 2.0 (2020-2024) yang mengambil tema The Great SHIFT 2024 guna fokus membuat perusahaan semakin adaptif terhadap global megatrends.

Baca juga : Darmawan Junaidi, Tokoh Transformasi Digital Banking

Digitalisasi yang dilakukan AP II berbuah hasil. Bandara Soekarno-Hatta masuk dalam daftar bandara terbaik dunia atau Top 100 World’s Best Airport. Pada 2021 Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat 34 dunia, naik dari posisi 35 pada 2020. Naiknya Soekarno-Hatta sebagai bandara terbaik di dunia, karena kuatnya sistem digitalisasi dalam mendukung kinerja perusahaan.

Sementara pada Skytrax World Airport Awards 2021, Bandara Soekarno-Hatta juga berhasil meraih penghargaan World’s Best Airport Staff Kategori Best Airport Staff in Asia 2021 di Peringkat 10, lalu peringkat 6 World’s Best Airport By Passenger Number 20-25 juta penumpang/tahun.

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada 2020 juga berdampak pada AP II. Berkat kerja sama dan kerja keras semua tim di bawah komando Awaluddin, perusahaan masih tetap bisa bertahan. Bahkan, AP II bisa bangkit tercepat se-Asia Pasifik.

Selain proses digitalisasi yang sudah berjalan, AP II juga fokus melahirkan inovasi untuk melindungi penumpang pesawat, pengunjung bandara, dan juga pekerja di bandara dari Covid-19, melalui sejumlah program, seperti Biosecurity Management.

Baca juga : Djony Bunarto Tjondro, Tokoh Penggerak Industri Kecil Manufaktur 

Dalam sambutannya, Direktur Utama Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana mengatakan, tokoh-tokoh yang meraih anugerah Rakyat Merdeka Award telah memberikan segala sumbangsih terbaiknya, berdedikasi tinggi serta bekerja sepenuh hati untuk pemulihan dan kebangkitan Indonesia.

“Kontribusi dan kerja keras mereka membuat Indonesia kita, kembali baik perekonomiannya, mampu bertahan dari situasi global yang berat. Selain itu, kondisi keamanan dalam negeri tetap stabil, terkendali. Bahkan makin diperhitungkan di kancah dunia,” kata Kiki Iswara.

Selain Awaluddin, ada 30 tokoh lainnya yang dianugerahi Rakyat Merdeka Award 2022. Tokoh-tokoh tersebut berasal dari berbagai kategori: ekonomi, korporasi, kesehatan, infrastruktur, energi dan lingkungan hidup.

Selain itu, juga ada kategori politik, hukum, keamanan, teknologi, pangan, manufaktur dan otomotif.

Baca juga : Airlangga Hartarto, Tokoh Pemulihan Ekonomi Nasional

Acara yang juga menampilkan penyanyi Andre Hehanusa tersebut berlangsung meriah dan hangat. Salah satu lagu yang dinyanyikannya, “Kuta Bali”, kata Andre, karena bertepatan dengan perhelatan G20 di Bali.

Selamat kepada para penerima anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 Untuk Indonesia Pulih dan Bangkit! Teruslah berjuang, memberikan sumbangsih dan karya terbaik demi Indonesia!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.