BREAKING NEWS
 

Wamendag Pede Ban Lokal Mampu Bersaing di Pasar Amerika Selatan

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : FAQIH MUBAROK
Rabu, 9 November 2022 19:08 WIB
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, produk ban kendaraan bermotor asal Indonesia cukup kompetitif di pasar Amerika Selatan.

Hal ini dikatakannya saat menyaksikan penandatanganan kesepakatan komitmen dagang antara Indonesia dan Brasil senilai 10 juta dolar AS untuk ban kendaraan bermotor.

Menurut Jerry, kesepakatan ini bisa terus meningkat mengingat besarnya pasar Amerika Selatan. Jerry menilai, Indonesia adalah salah satu penghasil karet terbesar di dunia. Karet sendiri merupakan bahan mentah ban kendaraan bermotor.

Jerry menegaskan, kemampuan menyediakan bahan mentah ini harus dijadikan modal dasar untuk industri ban yang punya daya saing di pasar global.

Baca juga : BPIP Dukung Pendirian Kampung Pancasila Di Semarang

Jerry meyakini hal itu bisa terjadi mengingat kapasitas pabrik-pabrik ban di Indonesia sudah sangat teruji dan mampu bertahan serta mampu bersaing dengan produk-produk serupa dari negara-negara maju selama bertahun-tahun.

Untuk itu, Jerry ingin terus memperjuangkan agar ban produksi Indonesia bisa masuk ke berbagai negara melalui mekanisme perjanjian perdagangan dan misi dagang.

Adsense

"Potensinya besar sekali, secara bahan mentah maupun teknologi. Saya yakin stakeholder di bidang produksi seperti Kementerian Perindustrian maupun pengusaha terus meningkatkan mutu produk. Untuk itu Kementerian Perdagangan mendukung dengan perluasan pasar melalui perjanjian perdagangan dan misi dagang ke negara-negara potensial," tutur Jerry di Jakarta, Rabu (9/11).

Jerry mengungkapkan, Indonesia sendiri sudah punya perjanjian perdagangan dengan negara Amerika Selatan yaitu, Chile. Ia berharap Chile bisa menjadi pintu masuk bagi banyak produk Indonesia ke negara-negara di bagian selatan Benua Amerika tersebut.

Baca juga : Sampah Laut Berkurang 70 Persen

Beberapa produk Indonesia yang diminati oleh pembeli dari Amerika Selatan antara lain produk fashion, alas kaki, bahan kimia, makanan-minuman dan lain-lain. Ke depan penguatan ekspor ke Amerika Selatan diharapkan terjadi juga untuk produk-produk elektronika, otomotif, mesin, obat-obatan dan lain-lain.

Karena, industri-industri tersebut cukup berkembang di Indonesia.

"Intinya semua sektor kita dorong agar maksimal dalam menembus pasar Amerika Selatan. Kita ingin semua pelaku usaha menikmati upaya-upaya perluasan ekspor melalui perjanjian dan misi dagang," ujarnya.

Trade Expo Indonesia saat ini masih berlangsung secara daring setelah sebelumnya diselenggarakan secara luring selama sepekan. Dari pantauan terlihat antusiasme pengunjung dari luar negeri.

Baca juga : Lima Parpol Berpeluang Lagi Jadi Peserta Pemilu 2024

Pameran dagang terbesar Indonesia yang dibuka Presiden Joko Widodo ini diharapkan akan menjadi instrumen untuk memperkuat ekonomi Indonesia melalui pengembangan ekspor. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense