Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BPIP Dukung Pendirian Kampung Pancasila Di Semarang

Senin, 7 November 2022 18:38 WIB
Peresmian Kampung Pancasila di Rusun Njeroto, Genuk, Semarang, Minggu (6/11). (Foto: Ist)
Peresmian Kampung Pancasila di Rusun Njeroto, Genuk, Semarang, Minggu (6/11). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mendorong dan mendukung pendirian Kampung Pancasila di Semarang, Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP  Antonius Benny Susetyo pada kegiatan TNND Olah Raga Pagi dan Peresmian Kampung Pancasila di Rusun Njeroto, Genuk, Semarang, Minggu (6/11).

“Rasuna ini sebagai wujud Pancasila sebagai tindakan dan kampung ini menjadi percontohan. BPIP bersyukur karena ada role model dengan adanya Kampung Pancasila saat ini," kata Romo Benny, sapaan akrabnya.

Baca juga : Menko Airlangga : Big Data Dukung Pencapaian Pembangunan Nasional

Dalam acara yang diikuti oleh 2000 warga Rusun Njeroto yang terdiri dari 800 KK ini, Benny juga mengapresiasi Kodim 0733 Kota Semarang yang telah mengajak masyarakat bergotong royong dalam mewujudkan Kampung Pancasila sebagai role model Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Di sini, masyarakat mau berbagi sebagai wujud nyata pengamalan Pancasila. Semua ini dimulai dari program Jendral Dudung dalam mewujudkan  5 sila dalam Pancasila. Ini merupakan tindakan nyata yang sesuai instruksi Presiden Jokowi tentang pancasila sebagai ideologi hidup dan ini merupakan ideologis praksis melalui kebijakan," ujarnya.

Benny menambahkan, Bangsa Indonesia patut bersyukur karena Pancasila tidak hanya menjadi ideologi negara, tetapi sebuah solusi yang mampu mengatasi krisis sampai hari ini.

Baca juga : Jokowi: Bung Karno Bukan Pengkhianat Bangsa Dan Negara

“Pancasila ini bisa mengatasi bencana covid karena ada gotong royong. Sementara di belahan negara lain, banyak yang mengalami penderitaan. Di Indonesia, mengapa kita bisa bertahan dari krisis? Karna kita punya Pancasila," ungkap Benny.

Menurut Benny, ke depan BPIP siap berkolaborasi untuk memberikan kontribusi berupa materi dan animasi Pancasila agar masyarakat rusun teredukasi di Kampung Pancasila ini.

"Hanya dengan persatuan dan gotong royong, bangsa ini menjadi makmur," tutup Benny.

Baca juga : Pendirian Kampung Pancasila Oleh TNI Patut Diapresiasi

Sementara itu, Dandim 0733/KS Kota Semarang, Kolonel Inf Hory Havana  menuturkan, berdirinya Kampung Pancasila di Rusun Njeroto, Genuk, Semarang ini harus dibarengi dengan komitmen masyarakat dalam menjaga dan mempraktikkan nilai-nilai Pancasila.

“Semua tidak cukup hanya teori saja, tapi harus dipraktekkan. Toleransi harus di praktekan dan gotong royong harus dipraktekkan juga. Keadilan sosial harus menjadi komitmen bersama. Semoga ini memberikan inspirasi agar kita mengimplmentasikan nilai Pancasila dan guyub rukun dalam kebersamaan," ungkap Hory.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.