Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Trade Expo Indonesia

Wamendag Happy Produk Lokal Tembus Pasar Afrika

Kamis, 3 November 2022 11:29 WIB
Wamedag Jerry Sambuaga. (Foto: Ist)
Wamedag Jerry Sambuaga. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Trade Expo Indonesia (TEI) berhasil membuka dan menggarap pasar-pasar nontradisional yang tengah berkembang, yaitu Afrika.

Beberapa komitmen perdagangan dengan negara-negara Afrika seperti Mesir, Afrika Selatan, dan Kamerun berhasil dibuat melalui TEI.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan, keberhasilan produk-produk yang dipamerkan di TEI dalam menembus pasar Afrika sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk menggarap pasar nontradisional.

Baca juga : Indonesia Dan Jepang Garap Proyek Proving Ground Bekasi

Menurutnya, ke depan pasar Afrika akan terus berkembang sejalan dengan meningkatnya kestabilan politik dan kesejahteraan masyarakat negara-negara di kawasan tersebut.

Beberapa produk yang berhasil menembus pasar Afrika antara lain CPO dan turunannya, fashion, kopi, mesin, pupuk, obat-obatan, dan lain-lain.

Mengingat TEI masih berlangsung, Jerry yakin negara-negara Afrika juga akan makin melirik produk-produk lain seperti otomotif, elektronika, hingga makanan dan minuman.

Baca juga : Dorong Perusahaan China Tunaikan CSR

"Sangat berpeluang terjadi kesepakatan-kesepakatan baru dengan negara-negara lain. Exposure TEI kali ini sangat bagus mengingat ini menjadi event TEI pasca pandemi yang juga dilakukan secara offline di samping online. Kemendag terus mempromosikan dan mengundang pelaku usaha dari Afrika untuk makin aktif mengeksplor produk Indonesia," kata Jerry dalam keterangan resminya, Kamis (3/11).

Menurut Jerry, Afrika akan menjadi target market yang bagus. Bukan hanya sebagai pasar komoditas tetapi juga produk-produk manufaktur di bidang farmasi, elektronika, otomotif, mesin-mesin, hingga alat-alat komunikasi. Ia yakin produk Indonesia cukup kompetitif dengan produk

negara lain.

Baca juga : Survei NEW Indonesia: Puan, AHY, Dan Andika 3 Besar Cawapres

Selain itu, Jerry juga menekankan pentingnya ekspansi produk-produk jasa Indonesia ke pasar Afrika. Dalam sektor ini Indonesia punya banyak keunggulan kompetitif, terutama dari kualitas tenaga kerja.

Sektor-sektor jasa konstruksi, perminyakan, telekomunikasi, pariwisata, dan kesehatan juga dinilai menjadi sektor yang cukup punya peluang. Ia pun mendorong milenial untuk memanfaatkan peluang-peluang tersebut.

"Jadi untuk pasar Afrika, bukan hanya produk barang yang punya peluang besar, tetapi juga produk-produk jasa. Saya berharap pelaku-pelaku industri di sektor tersebut juga makin aktif dalam berpromosi. Kami di Kemendag tentu akan memberikan fasilitasi dan dukungan penuh," jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.