BREAKING NEWS
 

Empat Jurus Disiapkan Untuk Tekan Barang Impor

Jokowi: Perlu Terobosan Tingkatkan Produk Lokal

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : FAZRY
Rabu, 30 November 2022 06:35 WIB
Presiden Jokowi dalam Rapat Koordinasi Monitoring Evaluasi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022. (Foto: Dok. Kemenpan).

RM.id  Rakyat Merdeka - Produk impor masih membanjiri pengadaan barang dan jasa Pemerintah. Presiden Jokowi pun mewanti-wanti agar penggunaan barang impor ditekan. Ini dilakukan untuk mendorong belanja produk dalam negeri yang akan ditingkatkan pada 2023. 

“Belanja produk dalam negeri pada 2023 harus lebih tinggi lagi. Perlu terobosan untuk meningkat­kan penggunaan produk dalam negeri,” ujar Jokowi dalam Rapat Koordinasi Monitoring Evaluasi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 di Jakarta, kemarin.

Eks Wali Kota Solo ini mengatakan, peningkatan target penggunaan produk dalam negeri harus diimbangi dengan per­baikan ekosistem. Agar mampu memenuhi tuntutan kebutuhan di dalam negeri.

Baca juga : Perpusnas Siapkan Rp 30 M Untuk Bangun Perpustakaan Di Bengkulu

“Saya minta dilakukan per­baikan besar-besaran dari hulu sampai hilir,” pinta Jokowi.

Jokowi juga mengaku telah menyiapkan empat langkah untuk meningkatkan belanja produk lokal.

Pertama, mempermudah proses sertifikasi untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta koperasi. Hal itu dilakukan agar produk lokal memiliki serti­fikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). “Jangan sampai menyulitkan dan memperberat,” pesannya.

Baca juga : Ajang Kemendag Promosikan Produk Lokal

Kedua, percepatan proses digitalisasi untuk peningkatan penyerapan produk dalam negeri dan produk usaha mikro kecil dan koperasi.

Adsense

Jokowi berharap, pembelian produk dalam negeri dan produk usaha mikro kecil yang sudah tayang dalam katalog elektronik maupun pada toko online, di­maksimalkan.

Ketiga, meningkatkan riset un­tuk menghasilkan produk. Keem­pat, berikan insentif bagi investor dan industri yang mengembang­kan dan memproduksi produk substitusi impor.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense