Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sail Tidore 2022

Ajang Kemendag Promosikan Produk Lokal

Jumat, 25 November 2022 21:13 WIB
Foto: Nur Rochmannudin/Rakyat Merdeka.
Foto: Nur Rochmannudin/Rakyat Merdeka.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perdagangan (Kemendag) punya misi khusus dalam agenda Sail Tidore 2022. Kementerian yang dipimpin Zulkifli Hasan ini, ingin mempromosikan produk-produk lokal, baik ke pasar nasional maupun global.

Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto mengatakan, ajang ini harus dimaksimalkan dengan baik. Khususnya bagi pelaku UMKM yang memiliki ciri khas tertentu. Tujuannya, agar pelaku usaha di daerah naik kelas.

Baca juga : Sail Tidore Expo, Momen Stimulus Penguatan Perdagangan Antarpulau

"Kita berharap Sail Tidore tidak hanya sekadar Sail saja, tapi bisa meningkatkan ekonomi secara nasional. Kami dari Kemendag ingin mengenalkan produk-produk unggulan lokal untuk bisa dikenal secara nasional," ujar Suhanto di Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Jumat (25/11).

Bukan hanya di dalam negeri. Selaku ketua panitia nasional Sail Tidore, Kemendag juga berharap produk lokal unggulan bisa berkompetisi di pasar dunia. Mengingat, acara ini dihadiri para duta besar negara sahabat.

Baca juga : Realisasi Program 2022 Maksimal, Kemendes PDTT Tuai Pujian DPR

"Jadi tidak hanya mengenalkan tourism, tapi juga produk unggulan nasional. Harapan kami setelah ini bukan cuma event ini, tapi juga meningkatkan ekonomi di Tidore dan sekitarnya," harap Suhanto.

Apa instrumennya? Dalam ajang tahunan ini, Kemendag menyiapkan forum bisnis. Dengan begitu, masing-masing pelaku usaha bisa menjalin, bahkan meneken kontrak bisnis dengan para stakeholders.

Baca juga : Kementan Gandeng FAO Promosikan Produk Unggas Bebas Residu Antimikroba

Sebagai koordinator pameran Sail Tidore, Suhanto berjanji bagi produk lokal yang berkualitas akan dibantu pemasarannya. Caranya, melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) maupun atase perdagangan di negara lain.

"Kami akan kasih mereka foto-foto produk ini untuk dipasarkan. Kan di sini ada pala, cengkeh, rempah-rempah. Sangat melimpah di sini. Ini jadi hal yang utama kita dorong, bukan hanya antarprovinsi, tapi juga mancanegara," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.