BREAKING NEWS
 

Erick Thohir Sebut Harga Pertamax Bakal Diumumkan Setiap Minggu

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Selasa, 3 Januari 2023 19:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut pemerintah bakal membantu agar harga Pertamax yang merupakan BBM nonsubsidi tetap terjaga di pasaran.

Erick Thohir juga mengatakan, pemerintah secara keuangan tidak mau terlalu terbebani oleh harga minyak dunia yang naik-turun. Untuk itu, pihaknya akan terus mengumumkan perubahan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis pertamax (RON 92) setiap minggu.

Baca juga : Pengamat: Erick Thohir Cawapres Pilihan Milenial

Menurut Erick Thohir, pertamax bukan BBM subsidi pemerintah, sehingga harganya mengikuti harga pasar. Kebijakan tersebut dibuat guna menangkal fluktuasi harga minyak dunia yang berpengaruh terhadap harga pertamax.

Adsense

"Saat ini terdapat aturan jika harga BBM diumumkan sebulan sekali. Padahal, BBM seperti Pertamax bukan jenis BBM subsidi, artinya harganya sesuai keekonomian," ujar Erick Thohir saat konferensi pers awal tahun 2023 di Jakarta, Senin (2/1).

Baca juga : Usia 100 Tahun, Ibunda Pele Belum Ngeh Putranya Meninggal

Oleh karena itu, pihaknya ingin melakukan konsultasi terkait pengumuman atau perubahan harga untuk BBM non subsidi ini. Erick Thohir sendiri ingin agar harga Pertamax diumumkan setiap minggu.

"Ini yang kenapa mau konsultasi dulu, agar harga Pertamax di Indonesia bisa diumumkan tiap minggu. Supaya sesuai dengan harga pasar, jangan kita terjebak di birokrasi harga bensinnya turun, aturan belum keluar," ucap orang nomor satu di Kementerian BUMN ini.

Baca juga : PSIS Tutup Putaran Pertama, 6 Kali Menang, Seri 2, Kalah 8

Pertamina sempat berencana mengumumkan kebijakan soal harga jual BBM non subsidi terbaru pada 1 Januari 2023 kemarin. Namun rencana itu ditunda, lalu Erick memberi penjelasan.

"Nah, kalau tiap minggu kan enak. Harga minggu depan harga sekian, karena BBM dunia harganya sekian," tandas Erick Thohir. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense