Dark/Light Mode

Erick Thohir Jadi Kuda Hitam Cawapres Di Jawa, Ini Analisa Direktur Eksekutif Poltracking

Kamis, 15 Desember 2022 19:32 WIB
Erick Thohir. (Foto: Ist)
Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yudha membedah hasil survei lembaganya, terkait peta capres (Calon Presiden) dan cawapres (Calon Wakil Presiden) di Pulau Jawa.

Nama Erick Thohir bersama sejumlah Gubernur di Jawa, mencuat sebagai salah satu kandidat cawapres terkuat.

Menurut Hanta, mencuatnya elektabilitas Erick Thohir tidak terlepas kuatnya relasi sang Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Baca juga : Rakernas PUAN Dukung Erick Thohir Jadi Cawapres Dari PAN

Alhasil, kata dia, di provinsi yang menjadi basis Jokowi, elektabilitas Erick melejit di posisi teratas. Di samping itu, lanjut Hanta, pemilih Ganjar Pranowo punya kecenderungan kuat memilih Erick Thohir sebagai cawapresnya.

"Cawapres yang tertinggi di Jawa Tengah, yang menarik adalah Erick Thohir. Karena punya brand connection dengan Ganjar. Pemilih Ganjar, lebih prefer ke Erick Thohir. Karena itu, Erick Thohir cukup tinggi dengan 25 persen dan Ridwan Kamil 10 persen," ujar Hanta dalam keterangannya, Kamis (15/12).

Tak hanya di basis Jokowi, elektabilitas Erick provinsi DKI dan Jawa Barat yang selama ini dikenal sebagai wilayah sengit pertarungan pemilu (Pemilihan Umum), juga tinggi.

Baca juga : Jokowi Bilang Pilpres 2024 Jatah Prabowo, Begini Analisis Pakar Politik

Menurut dia, di DKI, Erick duduk di peringkat kedua dan ketiga di Jabar (Jawa Barat). Hanta pun menjelaskan, elektabilitas Erick sangat kuat di Jawa Timur (Jatim).

Di provinsi yang menjadi basis Nahdlatul Ulama (NU), sambung dia, Erick bersaing ketat dengan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Hanta pun menjelaskan, mengapa elektabilitas Erick tinggi di Jawa Timur.

"Di Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dengan 18,6 persen diikuti Erick Thohir 18,3 persen. Ini basis NU. Khofifah, kita tahu kader tulen NU, Ketua Muslimat NU. Erick Thohir juga kita tahu, dekat dengan NU dan anggota Banser Kehormatan. Jadi di basis kiai NU, cawapresnya menguat ke sini (Khofifah dan Erick)," jelasnya.

Baca juga : Erick Thohir Masuk Tiga Besar Di Bursa Cawapres Musra Jabar

Untuk diketahui, survei yang dilakukan Poltracking menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah sampel 1.000 responden pada masing-masing lima provinsi utama, di pulau Jawa dengan margin of error 3,1 persen.

Sedangkan, tingkat kepercayaannya mencapai 95 persen. Survei dilakukan pada 26 November hingga 2 Desember 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.