BREAKING NEWS
 

Optimalkan B35, Perlu Dukungan Pembiayaan Dari Pemerintah

Reporter & Editor :
FAZRY
Rabu, 1 Februari 2023 22:21 WIB
Ilustrasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah resmi memberlakukan mandatori biodiesel sebesar 35 persen atau program B35 mulai Rabu, 1 Februari 2023.

Program ini diyakini bakal menyerap lebih banyak biodiesel sehingga mampu menghasilkan penghematan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang bahan bakunya merupakan minyak bumi yang diimpor.

Program B35 bagus, tapi ada isu penting, yaitu ketersediaan fasilitas pencampuran (blending) dan penyimpanan biodiesel. Fasilitas yang ada sekarang hanya cukup untuk menjalankan Program B30,” ujar Anggota Dewan Energi Nasional Eri Purnomo Hadi, Rabu (1/2/2023).

Baca juga : Telkom Dukung Pengembangan Desa Wisata Terintegrasi

Eri mengungkapkan modifikasi terminal BBM di BUMN yakni Pertamina sebagai badan usaha yang mencampur dan menyimpan biosolar perlu perhatian khusus, bahkan wajar menjadi bagian dari Proyek Strategis Nasional.

Sebagai anggota DEN dari unsur pemangku kepentingan (konsumen), dia mengaku sangat pedulu dan memberi perhatian berdasarkan hasil kunjungan kerja ke beberapa terminal BBM milik Pertamina.

Menurut Eri, khusus terkait Program B35, perlu ada pendanaan dan dukungan biaya baik untuk pengembangan, peningkatan kapasitas, modifikasi sistem dan infrastruktur.

Adsense

Baca juga : Awkarin, Mesra Dengan Jonathan Alden

"Ini tentunya diperlukan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu perlu bantuan dana pemerintah (Kementerian Keuangan) untuk keandalan sistem dan infrastrukturnya agar keberhasilan Program B35 dapat tercapai sesuai target," kata Eri.

Dia juga menilai, Program B35 sangat vital untuk mendukung pencapaian auran energi nasional sebesar 23 persen pada 2025.

Untuk mencapai target tersebut perlu best effort dari semua kementerian, termasuk Kementerian Perhubungan dan Kementerian Keuangan.

Baca juga : Kembangkan Industri Pangan, Sultan Ingatkan Pentingnya Pemberdayaan Daerah

"Kebutuhan infrastruktur penunjang dari BUMN untuk keberhasilan proram bauran energi nasional melalui Program B30 ke B35 sangat nyata," ungkap Eri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense