BREAKING NEWS
 

Dorong Pertumbuhan Berkelanjutan

Menteri ESDM: Tenaga Hidro Punya Peran Penting Di Dunia

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : FAZRY
Selasa, 5 Desember 2023 07:10 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Di Indonesia, tenaga hidro telah memberikan kontribusi signifikan terhadap penyediaan akses listrik yang terjangkau, sekaligus memperkuat pengelo­laan air dan melestarikan daerah tangkapan air di dalam sistem energi Indonesia selama satu abad terakhir.

Arifin mengungkapkan, Indo­nesia memiliki potensi tenaga hidro lebih dari 95 Gigawatt (GW), meski pemanfaatannya baru mencapai 7 GW.

Senada dengan Bali State­ment, Indonesia berharap da­pat memperkuat kolaborasi dan kerja sama dalam memanfaatkan potensi yang besar ini.

Baca juga : Menteri ESDM: Tenaga Hidro, Tulang Punggung Ekonomi Rendah Karbon

“Tidak hanya terbatas pada sumber tenaga hidro. Namun juga potensi yang belum tergali dari luas permukaan bendungan yang dapat dimanfaatkan untuk PLTS Terapung,” katanya.

Arifin juga mengatakan, In­donesia baru saja meresmikan PLTS Terapung Cirata yang berkapasitas 192 MWp, terbesar di Asia Tenggara.

PLTS ini dibangun di atas bendungan seluas 200 hektar yang memiliki kapasitas PLTAsebesar 1 GW.

Baca juga : BAZNAS Salurkan Bantuan Palestina Di Masa Darurat, Pemulihan, Dan Pembangunan

Saat ini, Indonesia juga tengah mengembangkan fasilitas pumped storage berkapasitas total 4x260MW di PLTAUpper Cisokan, Jawa Barat.

Selanjutnya, dengan pengem­bangan tenaga hidro diharap­kan dapat menghasilkan listrik yang ramah lingkungan, meningkatkan stabilitas jaringan listrik dan berkontribusi dalam membentuk masa depan energi berkelanjutan bagi generasi mendatang.

“Untuk mencapainya, diper­lukan kolaborasi inklusif dalam pengembangan tenaga hidro,” pungkasnya.

Baca juga : Dorong Pertumbuhan Wakaf Uang, BSI Terbitkan Deposito Wakaf

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 5/12/2023 dengan judul Dorong Pertumbuhan Berkelanjutan, Menteri ESDM: Tenaga Hidro Punya Peran Penting Di Dunia

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense