BREAKING NEWS
 

MIAP Perluas Sosialisasi Pentingnya Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : SRI NURGANINGSIH
Selasa, 19 Desember 2023 20:41 WIB
Pengumuman MIAP Social Media Content Competition 2023 yang berlangsung di Hotel JW Marriot, Jakarta, Selasa (19/12/2023). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sebab itu, perlu menciptakan ekosistem yang sehat, sehingga semakin banyak tercipta karya-karya baru yang inovatif.

“Kalau kreativitas dan inovasi ini tidak direalisasikan maka tidak akan ada kekayaan intelektual yang harus dilindungi, makanya perlu diberi ruang dengan ekosistem yang sehat,” jelas Suyud.

Ia menilai, MIAP Social Media Content Competition 2023 sangat tepat karena menyasar segmen anak muda yang sarat dengan berbagai kreativitas.

Adsense

Bangga Produk Indonesia Berkaitan dengan MIAP Social Media Content Competition 2023, Sekretaris Jenderal MIAP Yanne Sukmadewi mengatakan, kegiatan tersebut sebelumnya diluncurkan pada 13 September 2023 yang lalu.

Baca juga : BI Apresiasi Gibran Ajak Pedagang Solo Gunakan Pembayaran QRIS

Sebanyak 70 lebih karya kreatif anak muda dikirimkan dari berbagai wilayah di Indonesia yang mengusung tema 'Bangga dan Cinta Produk Indonesia-Anak Muda Gak Pakai Produk Palsu.'

Setelah melalui proses kurasi dan penjurian, tiga karya terbaik yang berhasil menjadi pemenang yaitu Juara I diraih Oky Saputra dari Madiun, Jawa Timur dengan karya berjudul PSEUDO, kemudian juara ke-2 diraih Faisal Fahmi Asnawi juga dari Madiun, Jawa Timur dengan judul karya, Konsumen Cerdas, Pilih yang Berkualitas, Tolak Produk Palsu.

Sedangkan juara ke-3 diraih Jaka Purnama dari Pasuruan, Jawa Timur dengan judul karya 'Makin Bangga Produk Indonesia, Makin Kece Jadinya.'

Masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan produk dari MIAP.

Baca juga : Mentan Tekankan Pentingnya Hilirisasi Sawit Di Indonesia

Adapun dewan Juri MIAP Social Media Content Competition 2023 masing-masing, Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM RI, Sri Lastami, Praktisi Komunikasi, Widyaretna Buenastuti, Permerhati Isu Kemasyarakatan, Atalia Praratya, Kreator Konten/Praktisi Sosial Media, Benazio Rizki Putra (Bena Kribo) dan Sekretaris Jenderal MIAP Yanne Sukmadewi .

“Kami bangga, banyak sekali anak muda yang tertarik mencurahkan kreativitasnya untuk menghasilkan karya yang menyuarakan kepedulian terhadap peredaran produk palsu dan ajakan untuk tidak menggunakannya“, ungkap Yanne.

Ia menuturkan, melalui platform sosial media, yang notabene penggunanya adalah anak muda, akan menjadi saluran terbaik untuk menyampaikan ajakan Peduli Asli.

Sejalan dengan tema kompetisi tentang ajakan untuk tidak menggunakan produk yang melanggar kekayaan intelekual, MIAP juga mengajak kepada perwakilan media yang hadir untuk turut memahami pentingnya perlindungan kekayaan intelektual (KI) sekaligus memahami KI sebagai sebuah aset yang perlu dikelola dengan baik, khususnya bagi sebuah media.

Baca juga : Pengacara Persoalkan Omongan Wakil Ketua KPK

Untuk itulah kegiatan Sosialisasi Kekayaaan Intelektual untuk kalangan Media diselenggarakan.

Turut hadir mendukung kegiatan itu, anggota dan pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Asosiasi Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Indonesia (AKHKI), penggiat Media dan tentunya anggota dan mitra strategis MIAP yang akan bersama-sama senantiasa mendukung upaya penghargaan dan perlindungan terhadap kekayaan intelektual, agar dapat menurunkan dampak negatif akibat peredaran dari produk-produk palsu atau produk yang melanggar kekayaan intelektual.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense