Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Mahfud MD: Hilirisasi Penting Untuk Pertumbuhan Ekonomi

Sabtu, 9 Desember 2023 08:02 WIB
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat dialog Kebangsaan bersama pelajar dan mahasiswa Indonesia se-Malaysia di Kuala Lumpur, Jumat (8/12/2023). Foto: Istimewa
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat dialog Kebangsaan bersama pelajar dan mahasiswa Indonesia se-Malaysia di Kuala Lumpur, Jumat (8/12/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD menegaskan bahwa pihaknya tidak menolak hilirisasi, sebab hal itu penting dilakukan untuk pertumbuhan ekonomi.

Pernyataan itu ia ungkap dalam acara dialog kebangsaan bersama pelajar mahasiswa Indonesia se-Malaysia yang bertajuk 'Pemilu Demokratis Menuju Indonesia Emas', di World Trade Centre Kuala Lumpur, Jumat (8/12/2023).

"Kemudian hilirisasi. Jadi kami tidak menolak, hilirisasi itu penting. Karena itu untuk pertumbuhan ekonomi," kata Mahfud.

Baca juga : Kadin Netral Di Pemilu

Mahfud menjelaskan wajah Indonesia di tahun 2045 yang akan ditandai dengan pendapatan per kapita sekurang-kurangnya 23.300 Dolar AS.

"Ada yang menghitung akan diporoleh pendapatan per kapita sekurang-kurangnya 29.000 dolar AS. Sekarang baru 4.600, tapi nanti di tahun 2045 Indonesia akan mencapai 23.300 dolar AS pendapatan per kapita," kata Mahfud.

Jika berdasarkan perhitungan sumber daya alam, seperti kekayaan hutan, laut, panas bumi, hingga nikel, maka dapat dipastikan bahwa 2045 bisa menuju Indonesia emas.

Baca juga : Bamsoet Dorong Optimalisasi Dana Desa Guna Percepatan Pertumbuhan Ekonomi

Namun, kata Mahfud, semua kekayaan alam yang dimiliki harus diimbangi dengan penegakan hukum, termasuk pemberantasan korupsi.

"Karena sekarang banyak uang itu yang katanya pertumbuhan ekonomi Indonesia besar. Tetapi uang itu ada di bank-bank yang bentuknya saham dan disimpan di bank luar negeri karena hasil korupsi. Kalau korupsi dipotong uang itu akan beredar menjadi pertumbuhan," katanya.

Dua hari kemarin Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD mengisi masa kampanye di Malaysia. Di negeri jiran ini, Menko Polhukam itu hadir dalam acara shalawat dan istighasah kebangsaan yang dibanjiri ribuan WNI di Jalan Tun Ismail, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (7/12/2023).

Baca juga : Mahfud MD Singgung Soal Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Mahfud juga sempat makan sian dan salat Jumat bersama dengan PM Malaysia, Anwar Ibrahim, Jumat (8/12/2023).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.