Dark/Light Mode

Dubes Australia Penny Williams Serahkan Video Kunjungan Jawaharlal Nehru

Kamis, 7 Desember 2023 07:59 WIB
Dubes Penny Williams (kiri) bersama Kepala ANRI Imam Guntoro di kantor ANRI, Jakarta, Selasa (5/12/2023). (Foto: Patra Rizki Syahputra/Rakyat Merdeka)
Dubes Penny Williams (kiri) bersama Kepala ANRI Imam Guntoro di kantor ANRI, Jakarta, Selasa (5/12/2023). (Foto: Patra Rizki Syahputra/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia, Penny Williams menyerahkan salinan digital film dokumenter bersejarah ‘Pandit Nehru Visits Indonesia’ kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Penyerahan salinan digital ini diserahkan Dubes Willams di kantor ANRI, Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Film dokumenter ini mencatat peristiwa-peristiwa penting selama tahun-tahun awal setelah kemerdekaan indonesia.

Baca juga : Pekerja Pertambangan Dan Energi Labuhkan Dukungan Ke Partai Buruh

Film ini merekam presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta menerima kunjungan perdana Menteri India Jawaharlal Nehru ke Indonesia pada 1950.

Kunjungan ini merupakan potret luar biasa dari sejarah awal ke merdekaan Indonesia.

Akademisi Australia, David Hanan dari University of Melbourne menemukan bahwa salinan film dokumenter yang dibawa ke Australia oleh juru kamera Belanda pada 1950an dan disimpan di National Film and Sound Archives (NFSA) Australia itu, merupakan salinan terakhir yang diketahui keberadaannya.

Baca juga : Dubes Jepang Kenji Kanasugi Gelar Acara Perpisahan Dengan Sahabat

“Kami merasa terhormat dapat menyerahkan salinan film Pandit Nehru Visits Indonesia kepada ANRI. Film dokumenter ini rekaman berharga dari momen penting sejarah indonesia,” ujar Dubes Williams.

Film dokumenter tersebut dapat menjadi sumber informasi bagi generasi indonesia saat ini dan akan datang untuk mempelajari peristiwa periode setelah kemerdekaan Indonesia.

Film hitam putih itu menunjukkan kunjungan Nehru ke Jakarta, Bandung, dan kota-kota lain di Indonesia.

Baca juga : Dubes Penny Williams Gambarkan Tantangan Ekonomi Australia Di Kampus UI

Diketahui, India merupakan negara kedua yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Australia juga termasuk salah satu negara awal yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala ANRI Imam Guntoro mengungkapkan rasa terima kasihnya atas penyerahan dokumenter ini. Dia mengakui jika Indonesia tidak memiliki film tentang kunjungan itu. Hanya berupa foto.

Dalam waktu dekat, film dokumenter kunjungan Jawaharlal Nehru ke Indonesia akan ditayangkan di website ANRI. Film ini dapat diakses untuk umum maupun kalangan peneliti.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.