BREAKING NEWS
 

Impor Beras Untuk Penuhi Cadangan Pemerintah

Bapanas Jamin Harga Gabah Nggak Melorot

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : FAZRY
Jumat, 2 Februari 2024 07:05 WIB
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi. (Foto: Humas Bapanas)

 Sebelumnya 
“Bantuan pangan beras dilaksanakan bukan karena Januari, Februari, Maret jelang Pemilu. Dari tahun lalu juga sudah ada, dan ini akan terus disalurkan. Karena saudara-saudara kita yang 22 juta KPM (Keluarga Penerima Manfaat) sangat memerlukan,” jelasnya.

Arief berharap, dampak perekonomian terkait penguatan stok CBP yang dikelola Perum Bulog baik. Langkah importasi terpaksa dilakukan agar Pemerintah tetap punya CBP yang secured.

Kapan Pemerintah menyetop impor beras? Kata Arief, menurut Kerangka Sampel Area (KSA) BPS, diperkirakan produksi beras pada Maret 2024 dapat menyentuh angka 3,5 juta ton. Angka tersebut telah melebihi kebutuhan konsumsi nasional beras sebulan sebesar 2,5 juta ton.

Baca juga : Khofifah Orasi untuk Kemenangan Prabowo-Gibran, Ajak Warga Nyoblos ke TPS

Jika produksi di atas kebutuhan konsumsi nasional seperti itu, Pemerintah akan menyetop impor beras. Jadi, pemenuhan CBP bisa dilakukan dengan menyerap beras dari petani dalam negeri.

“Kita akan setop impor dan serap beras padi lokal untuk tetap mempertahankan harga di tingkat petani baik,” ujarnya.

Arief menjelaskan, ketersediaan stok pangan strategis seperti beras, terutama dalam menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) menjadi fokus utamanya bersama Perum Bulog.

Baca juga : Jalankan Pemberdayaan, Presiden Jokowi Hargai Kerja Keras PNM

Kunci ketersediaan stok beras nasional terletak pada produksi dalam negeri yang diprediksi akan meningkat pasca El Nino mulai mereda.

Seperti diketahui, sejak akhir 2022, Pemerintah memutuskan melakukan impor beras karena produksi dalam negeri menurun. Importasi dilakukan untuk pemenuhan CBP. Fungsinya untuk bantuan pangan dan intervensi harga dan pasokan di pasaran.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 2 Februari 2024 dengan judul Impor Beras Untuk Penuhi Cadangan Pemerintah, Bapanas Jamin Harga Gabah Nggak Melorot

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense